Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Mata Kuliah problematika dan intervensi dewasa memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap persoalan-persoalan non-klinis dan persoalan perilaku yang dihadapi pada setiap tahap perkembangan masa dewasa, yang dibagi menjadi masa dewasa awal, masa dewasa tengah, dan masa dewasa akhir. Selain itu, juga memberikan kemampuan kepada mahasiwa untuk dapat mengidentifikasi serta menyusun strategi intervensi psikologi yang tepat dalam menangani persoalan-persoalan yang terjadi tersebut.



Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari tahapan perkembangan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir. Baik dari sudut pandang perkembangan fisik, kognitif, dan juga psikososialnya.

  • Mahasiswa menganalisis persoalan-persoalan non klinis dan persoalan-persoalan perilaku yang dihadapi pada tahapan perkembangan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir.

  • Mahasiswa merancang bentuk-bentuk intervensi psikologis dengan menggunakan konseling, pelatihan, dan teknik intervensi lain untuk menyelesaikan problem yang dihadapi pada tahap dewasa awal hingga akhir sesuai dengan konsep teoritis dalam psikologi dan kode etik psikologi

Daftar Pustaka:
  • Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2000. Human Development. New York : McGraw-Hill

  •  Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2009. Human Development (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika

  • Santrock, John W., 1999. Life-Span Development 7th Edition. New York : McGraw-Hill

  • Santrock, John W., 2002. Life-Span Development Edisi 13 (Terjemahan). Jakarta : Erlangga

  • Haditono, Siti Rahayu. 1993. Psikogerontologi. Yogyakarta : UGM

  •  Schaie, K. Warner, Willis, Sherry L.,(1991. Adult Development and Aging 3rd Edition. New York: Harper Collins Publisher