Pilihan pendaftaran
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata Kuliah problematika dan intervensi dewasa memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap persoalan-persoalan non-klinis dan persoalan perilaku yang dihadapi pada setiap tahap perkembangan masa dewasa, yang dibagi menjadi masa dewasa awal, masa dewasa tengah, dan masa dewasa akhir. Selain itu, juga memberikan kemampuan kepada mahasiwa untuk dapat mengidentifikasi serta menyusun strategi intervensi psikologi yang tepat dalam menangani persoalan-persoalan yang terjadi tersebut.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa menguasai konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari tahapan perkembangan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir. Baik dari sudut pandang perkembangan fisik, kognitif, dan juga psikososialnya.
Mahasiswa menganalisis persoalan-persoalan non klinis dan persoalan-persoalan perilaku yang dihadapi pada tahapan perkembangan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir.
Mahasiswa merancang bentuk-bentuk intervensi psikologis dengan menggunakan konseling, pelatihan, dan teknik intervensi lain untuk menyelesaikan problem yang dihadapi pada tahap dewasa awal hingga akhir sesuai dengan konsep teoritis dalam psikologi dan kode etik psikologi
Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2000. Human Development. New York : McGraw-Hill
Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2009. Human Development (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika
Santrock, John W., 1999. Life-Span Development 7th Edition. New York : McGraw-Hill
Santrock, John W., 2002. Life-Span Development Edisi 13 (Terjemahan). Jakarta : Erlangga
Haditono, Siti Rahayu. 1993. Psikogerontologi. Yogyakarta : UGM
Schaie, K. Warner, Willis, Sherry L.,(1991. Adult Development and Aging 3rd Edition. New York: Harper Collins Publisher
- Pengajar: Aryudho Widyatno