Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
AA0-AA0
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang pentingnya menganalisis perilaku konsumen untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Deskripsi materi meliputi karakteristik konsumen dan jenis-jenisnya; motivasi dan kebutuhan konsumen; pengaruh faktor internal; pengaruh faktor eksternal; electronic word of mouth (e-WOM); proses pengambilan keputusan pembelian konsumen; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis karakteristik konsumen dan jenis-jenisnya
  • Mampu menganalisis motivasi dan kebutuhan konsumen yang menjadi sasaran bisnis
  • Mampu menganalisis pengaruh faktor internal
  • Mampu menganalisis pengaruh faktor ekstenal
  • Mampu menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen
  • Mampu menganalisis kepuasan dan loyalitas konsumen
  • Mampu menganalisis electronoc word of mouth (e-WOM)
  • Mampu memecahkan permasalahan bisnis yang berkaitan dengan perilku konsumen
Daftar Pustaka:
  • Hawkins, D.I. and Mothersbaugh, D.L. 2010. Consumer Behavior. Building Marketing Strategy. Eleventh edition. New York: McGraw Hill
  • Engel, J.F, Blackwell, R.D & Miniard, P.W. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara
  • Mowen, J.C. & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen, Jakarta: Erlangga
  • Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Peter, P. dan Olson, J.C. 2005. Consumer Behavior & Marketing Strategy, 7th Edition.
  • Kotler, P. & Keller, K.L. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
  • Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Supranto, J dan Nandan Limakrisna, 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media
  • Jurnal hasil penelitian yang relevan