Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Memahami konsep-konsep pendidikan seni untuk abad ke-21, menurut tinjauan ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam konteks sekolah umum (education through art) dan sekolah yang spesifik seni (education of art) beserta implikasi metodologi pedagogis yang menyertainya; menelaah konsep pendidikan seni pada kurikulum yang digunakan di sekolah umum; serta dapat membandingkan konsep dan implementasi kurikulum berbasis materi (content-based curriculum) dengan berbasis kompetensi (competency-based curriculum): landasan, tujuan, silabus, bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaiannya.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep-konsep pendidikan seni, utamanya konsep pendidikan seni rupa untuk abad ke-21,
  • Mampu menganalisis konsep pendidikan seni pada kurikulum yang digunakan di sekolah umum.
  • Mampu membandingkan konsep dan implementasi kurikulum berbasis materi (content-based curriculum) dengan berbasis kompetensi (competency-based curriculum)
  • Memahami landasan, tujuan, silabus, bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaiannya.
  • Mampu mengevaluasi kurikulum pendidikan seni budaya (seni rupa) tingkat SMP dan SMA
  • Memberikan kesimpulan idealnya landasan konsep dan fungsi pendidikan seni dalam pengembangan kurikululum pendidikan seni di sekolah umum, kejuruan, non-formal.
Daftar Pustaka:
  • Chapman, Laura H. Pendekatan Pendidikan Seni. Terjemahan Sajono. Surabaya: IKIP (buku).
  • Eisner, Eliot W. 1972. Educational Artistic Vision. (ringkasan bagian Why Teach Art?) New York: The Macmillan Coy (handout).
  • GBPP Pendidikan Seni SD/SMP/SMU 1975, 1984, 1994, KBK, KTSP dan K13.
  • Iriaji. 2015. Konsep dan Steategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Cakrawala Indonesia.
  • Ki Hajar Dewantoro. 1961. Karya Ki Hajar. Yogyakarta: Taman siswa (buku)
  • Nurdin, Syafrudin, 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  • Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: IKIP/PPPT (materi penataran)
  • Ross, M. 1978. The Creative Arts (ringkasan bagian fungsi seni dalam pendidikan). London: Heineman Education Books (handout).
  • Soehardjo. A.J. 2011. Pendidikan Seni, dari Konsep sampai Program (Buku I). Malang: Bayumedia Publishing.
  • Soehardjo. A.J. 2011. Pendidikan Seni: Strategi Penataan dan Pelaksanan Pembelajaran Seni. Malang: Bayumedia Publishing.
  • Tim Pengembangan MKDP. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  • UNESCO. 1972. Laporan tentang Pendidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
  • Uno, Hamzah B. 2020. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik Dalam Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
  • Wickiser, Ralph L. Menuju Kependidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)