Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Memahami konsep-konsep pendidikan seni untuk abad ke-21, menurut tinjauan ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam konteks sekolah umum (education through art) dan sekolah yang spesifik seni (education of art) beserta implikasi metodologi pedagogis yang menyertainya; menelaah konsep pendidikan seni pada kurikulum yang digunakan di sekolah umum; serta dapat membandingkan konsep dan implementasi kurikulum berbasis materi (content-based curriculum) dengan berbasis kompetensi (competency-based curriculum): landasan, tujuan, silabus, bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaiannya.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Memahami konsep-konsep pendidikan seni untuk abad ke-21, menurut tinjauan ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam konteks sekolah umum (education through art) dan sekolah yang spesifik seni (education of art) beserta implikasi metodologi pedagogis yang menyertainya; menelaah konsep pendidikan seni pada kurikulum yang digunakan di sekolah umum; serta dapat membandingkan konsep dan implementasi kurikulum berbasis materi (content-based curriculum) dengan berbasis kompetensi (competency-based curriculum): landasan, tujuan, silabus, bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaiannya.
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep-konsep pendidikan seni, utamanya konsep pendidikan seni rupa untuk abad ke-21,
- Mampu menganalisis konsep pendidikan seni pada kurikulum yang digunakan di sekolah umum.
- Mampu membandingkan konsep dan implementasi kurikulum berbasis materi (content-based curriculum) dengan berbasis kompetensi (competency-based curriculum)
- Memahami landasan, tujuan, silabus, bahan ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaiannya.
- Mampu mengevaluasi kurikulum pendidikan seni budaya (seni rupa) tingkat SMP dan SMA
- Memberikan kesimpulan idealnya landasan konsep dan fungsi pendidikan seni dalam pengembangan kurikululum pendidikan seni di sekolah umum, kejuruan, non-formal.
- Chapman, Laura H. Pendekatan Pendidikan Seni. Terjemahan Sajono. Surabaya: IKIP (buku).
- Eisner, Eliot W. 1972. Educational Artistic Vision. (ringkasan bagian Why Teach Art?) New York: The Macmillan Coy (handout).
- GBPP Pendidikan Seni SD/SMP/SMU 1975, 1984, 1994, KBK, KTSP dan K13.
- Iriaji. 2015. Konsep dan Steategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Cakrawala Indonesia.
- Ki Hajar Dewantoro. 1961. Karya Ki Hajar. Yogyakarta: Taman siswa (buku)
- Nurdin, Syafrudin, 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
- Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: IKIP/PPPT (materi penataran)
- Ross, M. 1978. The Creative Arts (ringkasan bagian fungsi seni dalam pendidikan). London: Heineman Education Books (handout).
- Soehardjo. A.J. 2011. Pendidikan Seni, dari Konsep sampai Program (Buku I). Malang: Bayumedia Publishing.
- Soehardjo. A.J. 2011. Pendidikan Seni: Strategi Penataan dan Pelaksanan Pembelajaran Seni. Malang: Bayumedia Publishing.
- Tim Pengembangan MKDP. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
- UNESCO. 1972. Laporan tentang Pendidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
- Uno, Hamzah B. 2020. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik Dalam Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
- Wickiser, Ralph L. Menuju Kependidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
- Teacher: Wida Rahayuningtyas
- Enrolled students: 2
Guests cannot access this course. Please log in.