Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mengkaji berbagai konsep, model, teori baru dalam bidang pendidikan seni rupa, baik yang sudah memiliki dukungan empirik maupun yang belum seperti: neuroscience, quantum learning, quantum teaching, learning revolution, music for learning. Konsep model, atau teori tersebut bisa bersumber dari sebuah buku teks, atau bab dari sebuah buku teks, atau artikel sebuah jurnal, atau gagasan asli dosen pembina atau mahasiswa peserta matakuliah yang belum diterbitkan. Pembaharuan-pembaharuan tersebut secara substansial dikaji secara komprehensif, dan implementasi serta dampaknya dipelajari secara terintegrasi untuk mengungkap kekuatan dan kelemahannya dalam konteks kekinian dan keindonesiaan. Setiap mahasiswa memilih sebuah konsep, atau model, atau teori untuk dibahas secara kritis dalam forum seminar kelas. Makalah akhir setelah mendapat masukan dari seminar kelas mendapat porsi penting dalam mengevaluasi mata kuliah ini.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis berbagai konsep, model, teori baru dalam bidang pendidikan seni rupa, baik yang sudah memiliki dukungan empirik maupun yang belum seperti: neuroscience, quantum learning, quantum teaching, learning revolution, music for learning.
  • Mengidentifikasi konsep, model, atau teori pendidikan seni rupa dari berbagai sumber : buku teks, atau bab buku teks, artikel jurnal, dan gagasan asli dosen pembina atau mahasiswa.
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan konsep, model, atau teori pendidikan seni rupa yang baru dan mampu mengimplementasikan ke dalam konteks kekinian dan keindonesiaan.
  • Mempresentasikan hasil analisis konsep, atau model, atau teori untuk dibahas secara kritis dalam forum seminar kelas.
Daftar Pustaka:
  • Aqib, Zainal & Ahmad Amrullah. 2017. Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Yogyakarta: Gava Media.
  • Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: IKIP/PPPT
  • Banindro, Baskoro Suryo. 2018. Kapita Selekta: Pengkajian Seni Rupa, Desain, Media, dan Budaya. Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
  • Chapman, Laura H. Pendekatan Pendidikan Seni. Terjemahan Sajono. Surabaya: IKIP
  • Eisner, Eliot W. 1972. Educational Artistic Vision. (ringkasan bagian Why Teach Art?) New York: The Macmillan Coy
  • GBPP Pendidikan Seni SD/SMP/SMU 1975, 1984, 1994 dan KBK
  • Ki Hajar Dewantoro. 1961. Karya Ki Hajar. Yogyakarta: Taman siswa
  • Masalah Pendidikan Seni, Media Masa
  • Model-model Pengajaran Seni: disusun berdasarkan tulisan M. Griff dan V. Lanier
  • Perkembangan Pendidikan Seni di Indonesia: disusun berdasarkan tulisan L. Gelder, A. Groen dll
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.