Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AM2-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini sarat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam bidang manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengelola kelas. Matakuliah ini memberikan wawasan teori maupun praktik tentang: pengertian, pendekatan, ruang lingkup, prinsip dan komponen keterampilan, prosedur, sistem pembelajaran, interaksi belajar-mengajar, fungsi, kreasi dan invoasi pembelajar dan pebelajar dalam manajemen kelas.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami pengertian, pendekatan dan ruang lingkup manajemen kelas
  • Memahami prinsip dan komponen keterampilan, serta prosedur, sistem pembelajaran dan interaksi belajar-mengajar
  • Mampu memahami fungsi, kreasi dan inovasi pembelajar dalam manajemen kelas
  • Mampu mengimplementasikan pengertian, pendekatan, dan ruang lingkup manajemen kelas melalui studi lapangan
  • Mampu mengimplementasikan prinsip dan komponen keterampilan dalam manajemen kelas melalui studi lapangan
  • Mampu mengimplementasikan prinsip dan komponen keterampilan, serta prosedur, sistem pembelajaran dan interaksi belajar-mengajar melalui studi lapangan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Evertson, Carolyn M. 2009. Classroom Management for Elementary Teachers. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.
  • Nurabadi, Ahmad. 2015. Manajemen Kelas Berbasis Peserta Didik. Malang: FIP UM.