Enrolment options
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A3C-A3C
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil- hasil riset yang terkait dengan manajemen kurikulum dan pembelajaran melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen kurkulum dan pembelaaran. Mata kuliah ini membahas secara teoritis dan praktis bidang manajemen dari aspek sejarah gerakan kualitas, konsep dan prinsip MMT, aplikasi konsep MMT untuk kemajuan pendidikan, beberapa pendekatan dan model MMT untuk bidang pendidikan, kepemimpinan dan tim kerja serta alat dan teknik MMT, perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan mutu pendidikan, permasalahan dalam sistem pendidikan dari segi MMT, dan kasus-kasus penerapan MMT pada bidang pendidikan dan non pendidikan..
Capaian Pembelajaran
- Memahami sejarah gerakan kualitas
- Memahami konsep dan teori Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
- Memahami Model-model MMT yang diterapkan di bidang pendidikan
- Mampu mengaplikasikan konsep MMT untuk kemajuan pendidikan
- Memahami konsep kepemimpinan dan tim kerja untuk kualitas mutu pendidikan
- Terampil menggunakan Tools MMT untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
- Mampu merancang perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
- Mampu melakukan studi kasus implementasi MMT pada bidang pendidikan dan non pendidikan.
- Al-Saket. A. (2003). A Case Study of Total Quality Management in a Manufacturing and Construction and Construction Firm. Johannesburg. Faculty of Engineering at Rand Afrikaans University.
- Creech, B. (1996). Lima Pilar Manajemen Mutu Terpadu. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Jakarta: Binarupa Aksara.
- David L. Goetsch & Stanley B. (2016). Davis Quality ManageMent for organizational excellence introduction to total Quality. Boston: Pearson.
- Hradkesky, J. (1995). Total Quality Management Handbook. New York: McGraw-Hill, Inc.
- Ibrahim, B. (2000). TQM (Total Quality Management: Panduan untuk Menghadapi Persaingan Global). Jakarta: Djambatan.
- ISO 9001. (2000). International Standard IS0-9001. Third Edition. ISO 2000.
- Joseph & Berk, S. (1995). Total Quality Management (Implementing Continuous Improvement). Malaysia: S. Abdul Majeed & Co.
- Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Ross, J. E. (2017). Total Quality Management: Text, Cases, and Readings; Third Edition. Florida: Routledge.
- Sallis, E.. (2020). Total Quality Management in Education. USA: Routledge.
- Teacher: Rochmawati -
- Enrolled students: 35