Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A21-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki tiga aspek utama yang meliputi: (1) Pengetahuan, yaitu memiliki kajian konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen mutu terpadu untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, menunjukkan perilaku positif menggunakan pendekatan manajemen mutu terpadu dalam berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang manajemen mutu terpadu dalam bidang pendidikan. Berdasarlam aspek-aspek dalam matakuliah ini, dalam pembelajaran mengkaji secara teoritis dan praktis bidang manajemen mutu terpadu dari aspek sejarah gerakan kualitas, konsep dan prinsip MMT, aplikasi konsep MMT untuk kemajuan pendidikan, beberapa pendekatan dan model MMT untuk bidang pendidikan, kepemimpinan dan tim kerja serta alat dan teknik MMT, perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan mutu pendidikan, permasalahan dalam sistem pendidikan dari segi MMT, dan berbagai studi kasus penerapan MMT pada bidang pendidikan dan nonpendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dan teori Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
  • Memahami Model-model MMT yang diterapkan di bidang pendidikan
  • Mampu mengaplikasikan konsep MMT untuk kemajuan pendidikan
  • Memahami konsep kepemimpinan dan tim kerja untuk kualitas mutu pendidikan
  • Terampil menggunakan Tools MMT untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
  • Mampu merancang perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
  • Mampu melakukan studi kasus implementasi MMT pada bidang pendidikan dan non pendidikan
  • Ujian
  • Memahami sejarah gerakan kualitas
Daftar Pustaka:
  • Buku
  • Sumber Relevan