Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A3A-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kepemimpinan pendidikan secara mandiri; dan (3) Keterampilan, mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang kepemimpinan pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, teori dan gaya kepemimpinan, budaya dan iklim organisasi, komunikasi, pembuatan keputusan, manajemen stres, manajemen konflik, nilai dan etika kepemimpinan, serta pengembangan profesi kepemimpinan pendidikan. Matakuliah ini membekali mahasiswa tentang konsep, teori dan gaya kepemimpinan pendidikan dan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis gaya kepemimpinan yang efektif dalam organisasi persekolahan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis gaya kepemimpinan efektif sesuai dengan kekuasaan (power) dan situasi organisasi sekolah
  • Memahami budaya dan iklim organisasi, komunikasi, pembuatan keputusan, manajemen stres, manajemen konflk, nilai dan etika dalam kepemimpinan, serta pengembangan profesi pemimpin pendidikan
  • UJIAN
  • Menguasai konsep dasar kepemimpinan, khususnya kepemimpinan di bidang pendidikan, serta berbagai teori dan gaya kepemimpinan.
Daftar Pustaka:
  • • Bertucci, David I., 2009. Leadership in Organization. USA: University Press of America
  • • Leithwood, K.A. 2015. Unmasking School Leadership. Ireland: Springer
  • • Knippenberg, DV & Hogg, M.A. 2003. Leadership and Power. London: Sage Publication
  • • Wittenborg, et.al. 2003. Reflecting on Leadership. Great Britain: Athenaeum Press, Gateshead
  • • University of Pretoria, 2012. Leadership Theory and Models. South Africa: University of Pretoria Press
  • • L. Bolden, et. al. 2003. A Review Of Leadership Theory And Competency Frameworks. UK: Centre for Leadership Studies