Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
EZ-EZ
Deskripsi:
Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis dan mengindentifikasikan dengan menangkap setiap perilaku komunikasi organisasi dan menginternalisasikan dalam bentuk pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dibangun dan dikembangkan oleh dunia bisnis melalui media komunikasi langsung tatap muka, web content, social media, eBook dan mobile devices.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami dan menemukan secara mandiri konsep dasar komunikasi bisnis yang merupakan proses menumbuhkan, mentransformasikan, menerima, dan menginterpretasikan pesan dengan menggabungkan tiga komponen utama komunikasi bisnis dalam organisasi, komunikasi bisnis interpersonal, dan kepemimpinan dalam komunikasi bisnis yang melalui media tertulis maupun verbal.
  • 2. Memahami dan menemukan secara mandiri dan terbimbing model, konsep, fungsi, komunikasi bisnis dalam lingkup kelembagaan yang meliputi: keterbukaan, sharing, transfer, penggunaan, pertukaran, penulisan, maupun presentasi komunikasi dalam organisasi
  • 3. Memahami dan menganalisis perilaku komunikasi pribadi (interpersonal) dalam bisnis yang meliputi: mendengarkan, membangun hubungan, melaporkan, perilaku emotional dan spiritual, membangun kepercayaan, dan berkomunikasi dengan berbagai pihak yang berbeda latar belakang
  • 4. Memahami dan Menganalisis Peran kepemimpinan dalam komunikasi bisnis yang meliputi: memotivasi, memfasilitasi perubahan, mensinergikan kelompok, membangun tim, membujuk dan mengembangkan optimisme dalam organisasi.
  • 5. Membangun konsep utuh komunikasi bisnis melalui analisis terhadap studi kasus nyata menyangkut tiga komponen utama perilaku insan ketika mereka melakukan komunikasi bisnis dalam organisasi, komunikasi bisnis interpersonal, dan kepemimpinan dalam komunikasi bisnis yang melalui media tertulis maupun verbal.
Daftar Pustaka:
  • John V. Thill, 2017. Excellence in Business Communication, 12th Edition. Ohio: Pearson Courtland L. Bovee, John V. Thill, 2018. Business Communication Essentials: Fundamental Skills for the Mobile-Digital-Social Workplace, 8th Edition. Pearson Purwanto, Joko. 2007. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga. Pace, R. Wayne. 2015. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya Purwanto, D. 2011. Komunikasi Bisnis. Jakarta Erlangga Guffey, ME., Rhodes, K., & Patricia, R. 2006, Komunikasi Bisnis: Proses dan Produk Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat Rangkuti, F. 2012. Keajaiban Teknik Selling Rasulullah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Irwansyah. 2017. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Elangga Lewis, RD. 2005. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya Timm, PR. 2002. Business communication: discovering strategy, developing skill. New Jersey: prentice hall Thill, JV. 2012. Business communication essentials. New Jersey: prentice hall Bovee, CL., & Thill,JV. 2008. Business Communication Today, 9th Edition. New Jersey. Prentice Hall International Inc