Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji (1) konsep perilaku konsumen; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, segmenting, targeting dan positioning, proses pengambilan keputusan konsumen; (3) perilaku konsumen dan strategi produk, harga, promosi dan distribusi, konsumerisme, sehingga mahasiwa memiliki pengetahuan menyangkut latar belakang dan alasan konsumen membeli produk.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai konsep teoritis perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen.
  • 2. Memahami faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen.
  • 3. Memahami proses pengambilan keputusan pembelian
  • 4. Menjelaskan konsep perilaku konsumen dalam strategi produk, strategi promosi, strategi penetapan harga, dan strategi saluran dan e-commerce
  • 5. Memahami perilaku konsumen dalam hubungannya dengan segmen pasar, targeting dan positioning.
Daftar Pustaka:
  • Assael, H. 2004. Consumer Behavior: A Strategic Approach. Boston: Houghton Mifflin Company Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Education Peter J. Paul & Olson, Jerry C. 2014. Consumer Behavior & Marketing Strategy. Asia : Mc Graw- Hill Education Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia Sangadji Etta M & Sopiah. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : ANDI