Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Sistem informasi kesehatan pada upaya kesehatan masyarakat bertujuan untuk mengumpulkan mengolah dan menganalisis informasi serta menyediakan umpan balik untuk mendukung kegiatan, pemeliharaan, pencegahan dan penanggulanagn masalah kesehatan masyarakat. Sistem informasi kesehatan digunakan oleh seluruh komunitas kesehatan dan masyarakat luas. Masyarakat akan hidup sehat secara mandiri dengan dukungan informasi dan pengetahuan, teknologi dan komunikasi, dalam sistem yang holistik. Pada dasarnya sistem informasi kesehatan memberikan pengetahuan tentang data dan informasi bidang kesehatan, manajemen dan kesehatan, informasi bentuk data base, serta informasi kesehatan nasional, sistem informasi rumah sakit, dan sistem informasi bidang kesehatan masyarakat Menerepkan dan menganalisis tentang sistem informasi kesehatan dengan pokok bahasan konsep dasar SIK meliputi definisi dan komponen sistem, pengertian SIK (SIK di Indonesia, SIK rumah sakit dan SIK puskesmas), analisis situasi SIK Nasional meliputi sumber data SIK (data rutin dan data non rutin), indikator kesehatan (definisi, syarat, jenis indikator dan contoh), dan konsep pengembangan SIK meliputi eksplorasi SIK: objek (user, komponen sistem, indentifikasi masalah, format pencatatan dan pelaporan) serta aplikasinya (Health Metric Network) dalam pelayanan kesehatan masyarakat
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi dan mengeksplorasi Sistem Informasi Kesehatan pada pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • McLeod, Raymond. 2008. Sistem Informasi Manajemen (edisi bahasa Indonesia), Prehallindo, Jakarta: Salemba empat
  • Petunjuk Teknis dan Pelaksanaan Program, Depkes RI
  • Surveilans Epidemiologi Penyakit edisi 1, Direktorat Jendral Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan lingkungan. Depkes RI, 2003.
  • Scott, George. 2004. Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Rajawali Press.
  • Barsasella, Diana.2012. Sistem Informasi Kesehatan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  • Gemala R. Hatta. 2014. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan disarana Pelayanan Kesehatan. Depok: UI Press.
  • J. A. Magnuson, Patrick W. O’Carroll, J.A. Magnuson, Paul C. Fu. 2014. Public Health Informatics and Information Systems. Switzerland: Springer.
  • Rodrigues, Joel. 2010. Health information systems : concepts, methodologies, tools and applications. Medical Information Science Reference.