Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Matakuliah Seminar PPKn merupakan matakuliah wajib yang bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai konsep dasar seminar, berbagai macam bentuk kegiatan seminar, tujuan kegiatan seminar, langkah-langkah kegiatan seminar, rasional pentingnya kegiatan seminar, etika dalam berseminar, peranan seminar dalam pengembangan keilmuan PPKn, pengkajian substansi keilmuan PPKn melalui praktek kegiatan seminar. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan ceramah, presentasi, dan diskusi. Penilaian dilakukan selama proses dan hasil pembelajaran yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep seminar, rasional pelaksanaan seminar, tata cara seminar, dan etika seminar.
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep seminar, rasional pelaksanaan seminar, tata cara seminar, dan etika seminar.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan nilai, moral, karakter, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan nilai, moral, karakter, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan hukum, ketatanegaraan, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan hukum, ketatanegaraan, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan politik, pemerintahan, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan politik, pemerintahan, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan social, budaya, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal skripsi yang berkaitan dengan social, budaya, dan pembelajarannya secara mandiri dan bertanggung jawab.
Daftar Pustaka:
  • Munson, L.S. 1984. How to Conduct Training Seminars. New York: Mc. Graw-Hill
  • Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
  • Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah dan Laporan Penelitian). Malang: Universitas Negeri Malang.