Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Ruang lingkup deskripsi materi kuliah terdiri atas: (i) konsepsi etika komunikasi (perbedaan etika, epistemologi dan estetika dalam kaitan dengan kajian kebaikan, kebenaran dan keindahan serta kedudukan teori moral dan nilai etika dalam studi komukasi), (ii) berbagai teori dan pendekatan dalam etika komunikasi (teori normatif, teori perilaku moral, teori kultural, teori semiotika, teori struktural, teori tindakan sosial) (iii) etika sosial (etika dalam proses interaksi sosial, penilaian etis, ukuran kebaikan dan kesusilaan dalam tindakan etis manusia), (iv) ruang publik dalam proses interaksi sosial, hubungan antara negara dan warga, dan fenomena dominasi, hegemoni, eksploitasi, kekerasan, otoritarianisme, libertarianisme dalam media dan ruang publik, (v) media massa dalam konteks etika komunikasi (kebebasan pers dan kebebasan berekspresi pada forum publik, monopoli makna, kekuasaan negara dan kekuasaan pasar, etika media, pengawasan terhadap media) (vi) konsep dan aplikasi kode etik media pers, media penyiaran, humas/periklanan, dan kode etik telematika.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Ruang lingkup deskripsi materi kuliah terdiri atas: (i) konsepsi etika komunikasi (perbedaan etika, epistemologi dan estetika dalam kaitan dengan kajian kebaikan, kebenaran dan keindahan serta kedudukan teori moral dan nilai etika dalam studi komukasi), (ii) berbagai teori dan pendekatan dalam etika komunikasi (teori normatif, teori perilaku moral, teori kultural, teori semiotika, teori struktural, teori tindakan sosial) (iii) etika sosial (etika dalam proses interaksi sosial, penilaian etis, ukuran kebaikan dan kesusilaan dalam tindakan etis manusia), (iv) ruang publik dalam proses interaksi sosial, hubungan antara negara dan warga, dan fenomena dominasi, hegemoni, eksploitasi, kekerasan, otoritarianisme, libertarianisme dalam media dan ruang publik, (v) media massa dalam konteks etika komunikasi (kebebasan pers dan kebebasan berekspresi pada forum publik, monopoli makna, kekuasaan negara dan kekuasaan pasar, etika media, pengawasan terhadap media) (vi) konsep dan aplikasi kode etik media pers, media penyiaran, humas/periklanan, dan kode etik telematika.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis pengetahuan dasar tentang komunikasi,
- Mahasiswa mampu menerapkan etika yang baik dalam berkomunikasi,
- Mahasiswa mampu menganalisis standar normatif yang mendasari berbagai profesi komunikasi serta
- Mahasiswa mampu menganalisis tindakan komunikasi dalam masyarakat luas melalui standar norma sosial dan filsafat etika.
- Anasom, Drs., M.Hum. 2004. Membangun Negara Yang Bermoral: Etika Bernegara dalam Naskah Klasik Jawa-Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra.
- DeFleur, Melvin L., Ball-Rokeach, Sandra. 1982. Theories of Mass Communication, 4th edition, New York: Longman.
- Hardiman, Budi, F. 2010. Ruang Publik: Melacak Partisipasi Demokratis dari Politis sampai Cyberspace, Jogjakarta: Kanisius.
- Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi, Yogyakarta: Kanisius.
- Herman, Edward S., Chomsky, Noam.1988. Manufacturing Concent: the Political Economy of the Mass Media, New York: Panteon Book.
- Ibrahim, Idi Subandy. 2004. Sirnanya Komunikasi Empatik: Krisis Budaya Komunikasi Pada Masyarakat Kontemporer, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
- Johnson, Terence J. 1972. Professions and Power, (Terjemahan Wilandari Supardan), 1991. Profesi dan Kekuasaan, Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
- Katsoff, Louis O. 1986. Pengantar Filsafat, (Terjemahan Soejono Soemargono), Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
- Kristiyanto, Eddy, (ed.). 2001. Etika Politik dalam Konteks Indonesia, Jogjakarta: Kanisius.
- Kellner, Douglass. 2010. Budaya Media, Cultural Studies, Identitas dan Politik: Antara Modern dan Postmodern, Jogjakarta: Jalasutra.
- Malik dan Mulyana, (ed). 1996. Etika Komunikasi, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
- Onong Uchjana Effendi. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Pilliang, Amir, Yasraf. 2011. Dunia Yang Dilipat: Tamasya melampai Batas-batas Kebudayaan, Bandung: Matahari.
- Poejawiyatna, Prof, Ir. 2003. Etika, Filsafat Tingkah Laku, Jakarta: Rineka Cipta.
- Rivers, William L., Schramm, Wilbur.1957. Responsibility in Mass Communication, 6 revised edition, New York: Harper & Row, Publishers.
- Rivers, William L. dan Mathews Cleve. 1988. Etika Media Massa dan Kecenderungan untuk Melanggarnya, (Terjemahan Setiawan dan Priyatmoko). 1994. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Rossenberg, Marshal B. 2010. Nonviolent Communication, A Language of Life, Komunikasi Nirkekerasan, Bahasan Kehidupan, (Penerjemah Alfond Taryadi), Jakarta: Kompas Gramedia.
- Rossenberg, Marshal B. 2010. Nonviolent Communication, A Language of Life, Komunikasi Nirkekerasan, Bahasan Kehidupan, (Penerjemah Alfond Taryadi), Jakarta: Kompas Gramedia.
- Ruslan, Rosady, SH, MM. 2001. Etika Kehumasan, Konsepsi & Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sahputra, Iswandi. 2007. Komunikasi Profetik: Konsep dan Pendekatan, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Teacher: petir pudjantoro
- Enrolled students: 41
Guests cannot access this course. Please log in.