Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AZ-AZ
Deskripsi:
Capaian pembelajaran mata kuliah ini mahasiswa mampu merancang dan mempraktekkan korespondensi Bahasa Inggris yang berkelanjutan dengan bercirikan inovasi dan kemandirian. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang dasar pengetahuan tentang korespondensi Bahasa Inggris, fungsi dan tujuan korespondensi Bahasa Inggris, jenis-jenis surat , bagian-bagian surat, prinsip-prinsip dasar dan teknik pembuatan surat berbahasa Inggris, surat permintaan (enquiry), surat pengajuan keluhan (complaints), Replaying to Enquiries, Send out advertising/sales letter, Dealing with others, Reminding, Apologising.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman tentang bagian-bagian surat dan bentuk-bentuk surat (The Parts and the forms of letter) Mampu menjelaskan bagian utama surat (the main parts) dan bagian tambahan surat (the additional part) Mampu membedakan bentuk –bentuk surat
  • Mampu membuat surat permintaan penawaran dan surat penawaran (inquiry letter, replying to inquiries, dan sales letter)
  • Mampu membuat surat pesanan dan balasan surat pesanan (letter of order dan confirmation of order)
  • Mampu membuat surat pengaduan dan surat balasan pengaduan (Complaining letters dan replying complaints)
  • Mampu membuat  surat pengiriman barang (Shipping letter)
  • Mampu membuat surat Pembayaran dan Kontrol Kredit (Payment and Credit Control letter)
  • Mampu membuat surat tagihan pembayaran melebihi jatuh tempo (collection letter)
  • Mampu membuat surat lamaran pekerjaan (application letter)
  • Mampu membuat surat perbankan (Banking and Payments in foreign trade)
Daftar Pustaka:
  • 1. Cyssco, D.R.(2003).Practical Business Correspondence. Jakarta:Kesaint Blanc
  • 2. King, F.W., & Cree, D.A.(1991).English Business Letters. Singapore Publishers Pte.Ltd : Singapura
  • 3. Wasiti.(2010).English Correspondence Practice.Yogyakarta: UNY