Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MG-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis manajemen layanan khusus sekolah, yang meliputi: pengertian, tujuan, dan prinsip. Ruang lingkup manajemen layanan khusus sekolah terdiri atas layanan: bimbingan konseling, perpustakaan, laboratorium, ekstrakurikuler, UKS, kafetaria, koperasi sekolah, OSIS, transportasi sekolah, asrama sekolah, akselerasi, kelas inklusi, dan PSG/prakerin.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar manajemen layanan khusus di lembaga pendidikan.
  • Mampu menganalisis proses dan merumuskan strategi pengembangan manajemen layanan khusus di sekolah
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  • Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM
  • Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  • Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling (Pend Formal, Non Formal, dan Informal). Yogyakarta: CV Andi Offset
  • Prastowo, A. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva pres
  • Daryanto. 2018. Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
  • Tim Esensi. 2012. Mengenal UKS. Jakarta: Erlangga
  • Kusmintardjo & Gunawan, I. 2017. Manajemen Layanan Khusus. Malang: UM
  • Ahmadi, I.K., Setyono. H.A., & Amri, S. 2011. Pembelajaran Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustakarya
  • Efendi, M. 2013. Perspektif Pendidikan Inklusif. Malang: UM