Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C21-PLB
Deskripsi:
Memberikan wawasan konsep dasar keberbakatan, karakteristik, cara mengidentifikasi dan asesmen, permasalahan, program pembelajaran, dan layanan pembelajaran pada pesertadidik berbakat
Capaian Pembelajaran
  • Memahami tentang konsep keberbakatan dan sistem layanan bagi anak berbakat
  • Mampu mengindentifikasi dan assesmen anak berbakat di sekolah dasar
  • Mampu memodifikasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak berbakat
Daftar Pustaka:
  • Kaufman, S. B., & Sternberg, R. J. (2008). Conceptions of giftedness. In Handbook of giftedness in children (pp. 71-91). Springer, Boston, MA.
  • Borland, J. H. (Ed.). (2003). Rethinking gifted education (Vol. 10). Teachers College Press.
  • Ichrom, Y. A., & Sholeh, M. (1988). Perspektif Pendidikan Anak Gifted. Jakarta: Depdikbud.
  • Van Tassel-Baska, J., & Stambaugh, T. (2008). Curriculum and instructional considerations in programs for the gifted. In Handbook of giftedness in children (pp. 347-365). Springer, Boston, MA.
  • Cline, S. (1999). Suggestions for Screening Entering Kindergarten Students To Assist in the Identification of Possibly Gifted Children.
  • Montgomery, D. (1990). Screening for Giftedness among American Indian Students.
  • Sternberg, R. J., Jarvin, L., & Grigorenko, E. L. (2010). Explorations in giftedness. Cambridge University Press
  • Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: Indeks.