Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-PLB
Deskripsi:
Perkuliahan ini memberikan pemahaman tentang konsep kebudayaan, kesenian, estetika, unsure-unsur estetika, proses kreasi apresiasi, konsep dan karakteristik pendidikan kesenian, kurikulum pendidikan kesenian ABK, metode, strategi, model-model pendidikan kesenian ABK, pengembangan pendidikan senirupa dan keterampilan, seni musik dan seni tari ABK, berlatih mengembangkan dan melaksanakan pendidikan kesenian ABK, serta berlatih merencakan dan melaksanakan pergelaran seni. Matakuliah ini juga membahas tentang materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk SLB, pendekatan, metode dan teknik, media dan sumber belajar serta eva;luasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, merancang pembelajaran bahasa dan sastra untuk SLB, serta dapat membelajarkan bahasa dan sastra untuk anak SLB.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-PLB
Deskripsi:
Perkuliahan ini memberikan pemahaman tentang konsep kebudayaan, kesenian, estetika, unsure-unsur estetika, proses kreasi apresiasi, konsep dan karakteristik pendidikan kesenian, kurikulum pendidikan kesenian ABK, metode, strategi, model-model pendidikan kesenian ABK, pengembangan pendidikan senirupa dan keterampilan, seni musik dan seni tari ABK, berlatih mengembangkan dan melaksanakan pendidikan kesenian ABK, serta berlatih merencakan dan melaksanakan pergelaran seni. Matakuliah ini juga membahas tentang materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk SLB, pendekatan, metode dan teknik, media dan sumber belajar serta eva;luasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, merancang pembelajaran bahasa dan sastra untuk SLB, serta dapat membelajarkan bahasa dan sastra untuk anak SLB.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh dan komprehensif mengenai konsep perkembangan bahasa
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan berrpikir kritis dan logis terhadap pemerolehan bahasa
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan berrpikir kritis dan logis terhadap literasi
- Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tehadap model-model pendekatan pembelajaran pembelajaran bahasa
- Mahasiswa memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan program pembelajaran bahasa Indonesia untuk ABK
- Mahasiswa memiliki pemikiran terbuka, logis, etika dan tanggung jawab terhadap isu-isu pembelajaran Bahasa ABK
- UTS
- UAS
- 1. Volkmar, F. R., Lord, C., Bailey, A., Schultz, R. T., & Klin, A. (2004). Autism and pervasive developmental disorders. Journal of child psychology and psychiatry, 45(1), 135-170.
- 2. Widiger, T. A., Frances, A. J., Pincus, H. A. E., & Ross, R. E. (1997). DSM-IV sourcebook, Vol. 3. American Psychiatric Publishing, Inc..
- 3. Regier, D. A., Narrow, W. E., Kuhl, E. A., & Kupfer, D. J. (2009). The conceptual development of DSM-V. American Journal of Psychiatry, 166(6), 645-650.
- 4. Love, J. R., Carr, J. E., & LeBlanc, L. A. (2008). Functional Assessment of Problem Behavior in Children with Autism Spectrum Disorders: A Summary of 32 Outpatient Cases. Journal of Autism and Developmental Disorders, 39(2), 363–372. doi:10.1007/s10803-008-0633-z
- 5. Ferguson, J. L., Leaf, J. A., Cihon, J. H., Milne, C. M., Leaf, J. B., McEachin, J., & Leaf, R. (2020). Practical Functional Assessment: A Case Study Replication and Extension with a Child Diagnosed with Autism Spectrum Disorder. Education and Treatment of Children, 43(2), 171–185. https://doi.org/10.1007/s43494-020-00015-1
- 6. Matson, J. L. (2007). Determining treatment outcome in early intervention programs for autism spectrum disorders: A critical analysis of measurement issues in learning based interventions. Research in Developmental Disabilities, 28(2), 207–218. doi:10.1016/j.ridd.2005.07.006
- 7. Gould, E., Dixon, D. R., Najdowski, A. C., Smith, M. N., & Tarbox, J. (2011). A review of assessments for determining the content of early intensive behavioral intervention programs for autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 5(3), 990–1002. doi:10.1016/j.rasd.2011.01.012
- 8. Hurl, K., Wightman, J., Haynes, S. N., & Virues-Ortega, J. (2016). Does a pre-intervention functional assessment increase intervention effectiveness? A meta-analysis of within-subject interrupted time-series studies. Clinical Psychology Review, 47, 71–84. doi:10.1016/j.cpr.2016.05.003
- Teacher: Muchamad Irvan
- Enrolled students: 37
Guests cannot access this course. Please log in.