Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A3D-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen sumber daya manusia bidang pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen sumber daya manusia.. Mata kuliah ini membahas manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. Matakuliah ini mengkaji bidang manajemen sumber daya manusia (MSDM) bidang pendidikan, baik secara teoritis dan maupun praktis, yang meliputi: perkembangan manajemen sumber daya manusia (SDM), pengertian SDM dan manajemen SDM, serta proses manajemen pada SDM. Sebagai suatu proses, manajemen SDM mencakup analisis pekerjaan, perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan SDM, pembinaan dan pengembangan SDM, pengembangan karir, kompensasi, keamanan dan keselamatan kerja, serta penilaian kinerja SDM. Selain itu matakuliah ini juga mengkaji tentang motivasi kerja, hubungan sejawat, serta peraturan tentang aparatur sipil negara (pokok-pokok kepegawaian) dan ketenagakerjaan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami teori tentang proses manajemen pendidikan
  • Memahami teori tentang substansi manajemen pendidikan
  • Menganalisis permasalahan dalam substansi dan proses manajemen pendidikan
  • Mampu menemukan alternatif solusi permasalahan dalam substansi dan proses manajemen pendidikan
  • Mampu mengelola sumber daya manusia di lembaga pendidikan
  • Mampu mengaplikasikan IPTEKS bidang SDM untuk mendirikan lembaga pendidikan
  • Mampu mengelola SDM pendidikan di lembaga pendidikan
  • Menguasai teori dasar dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah bidang SDM pendidikan secara prosedural
  • Mampu mengelola satu atau beberapa substansi manajemen pendidikan di lembaga pendidikan
  • Memahami peraturan perundangan di bidang pendidikan, khususnya undang-undang kepegawaian dan perburuhan, yang berlaku pada tingkat nasional dan daerah
Daftar Pustaka:
  • Dessler, G. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Salemba Empat.
  • Gorton, R. A., dan Schneider, G.T. 1990. School-Based Leadership: Challenges and Opportunities. Third Edition. Dubuque: Wm.C. Brown Publishers.
  • Kadarisman. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
  • Rowley, C., dan Jackson, K. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia The Key Conceps. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
  • Rue, L. W., dan Byars, L. L. 1977. Management: Theory and Application. Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, Inc.
  • Siagian, S. P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Stoops, E., Rafferty, M., dan Johnson, R. E. 1981. Handbook of Educational Administration: A Guide for the Practitioner. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  • Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organissasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo