Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji jenis permasalahan dan diagnosis kesulitan belajar sejarah. Mengkaji faktor ekstern dan intern penyebab kesulitan belajar sejarah. Mengkaji pengambilan keputusan-keputusan dalam menangani kesulitan belajar sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Pengembangan sikap ilmiah mahasiswa dalam mengkaji jenis permasalahan kesulitan belajar dan menafsirkan kesulitan belajar sejarah untuk pengembangan pendidikan sejarah.
Daftar Pustaka:
  • Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. 2015. Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building (Berdasarkan Kurikulum 2013). Yogyakarta: Ombak
  • Sriyanti, Lilik. 2015. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak
  • Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Kesulitan Belajar. Bandung: Rineka Cipta
  • Kochhar, S. K. 2008. Pemelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
  • Hamalik, O. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
  • Sayono, J. (2015). PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH: DARI PRAGMATIS KE IDEALIS. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/sb.v7i1.4733