Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Pengertian, tujuan, manfaat dan ruang lingkup kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum berbasis kompetensi, rasional pengembangan Kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013, pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013, silabus dan buku teks mata pelajaran sejarah Kurikulum 2013
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Pengertian, tujuan, manfaat dan ruang lingkup kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum berbasis kompetensi, rasional pengembangan Kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013, pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013, silabus dan buku teks mata pelajaran sejarah Kurikulum 2013
Capaian Pembelajaran
- Mampu menemukan dan menghayati nilai-nilai pendidikan karakter dari kurikulum , silabus dan buku teks sejarah sebagai titik-tolak pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter secara kontekstual dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah
- Mampu menganalisis secara kritis konsep, prinsip dan karakteristik kurikulum, silabus dan buku teks mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah
- Mampu menerapkan prosedur analisis kurikulum dan buku teks sejarah secara kritis dan sistematik, untuk menemukan dan memgkomunikasikan kesesuaian prinsip-prinsip kurikulum dengan silabus, silabus dengan buku teks
- Agib, Z. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
- De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: mempraktekkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
- Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual, (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP)
- Hadi Subroto, T., Herawati,IS. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
- Hill, C.P. 1956. Saran-Saran Tentang Mengadjarkan Sedjarah. Jakarta: Perpustakaan Perguruan Kementrian Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan
- Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
- Ohorella, G. 1995. Pengajaran Sejarah, Kumpulan Makalah Simposium. Jakarta: Dirjen Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional
- Riyanto,Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- Roestiyah, NK. 2008. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
- Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
- Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembalajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara
- Sumaatmadja, N. 1980. Metodologi Pengalajaran IPS. Bandung: Penerbit Alumni
- Suryani, Nunuk & Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
- Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
- Thabrani, M & Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Uno, HB. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Sejarah yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Widja, I.G.1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta; PPLPTK Dirjen Dikti Depdikbud
- Widiadi, A. N. (2019). Historical Significance in Indonesian History: The Position of the Battle of Surabaya 1945 in Indonesian Curriculum and History Textbooks. 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018). Atlantis Press
- Utami, I. W. P., & Widiadi, A. N. (2016). Wacana Bhineka Tunggal Ika dalam Buku Teks Sejarah
- Paramita: Historical Studies Journal, 26(1), 106–117
- Teacher: Indah Wahyu Puji Utami
- Enrolled students: 28
Guests cannot access this course. Please log in.