Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
DD-DD
Deskripsi:
Capaian pembelajaran matakuliah ini mahasiswa mampu menyusun evaluasi pendidikan yang berkelanjutan dengan bercirikan inovasi tekhnologi. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang dasar hukum evaluasi pendidikan dan evaluasi hasil belajar, prinsip dasar evaluasi pembelajaran, indikator dan tujuan pembelajaran, kisi-kisi penilaian dan kartu soal, mengkonstruksi tes hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif, menganalisis Hasil tes, Mendeskripsikan dan mengkontruksi perangkat penilaian kinerja, Menganalisis dan menafsirkan hasil penilaian serta menggunakannya dalam diagnosis kesulitan belajar dan pengajaran remedial, dan mengkomunikasikan hasil penilaian.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai prinsip-prinsip evaluasi pendidikan ADP,
  • 2. mengembangkan instrumen evaluasi
  • 3. mampu menerapkan evaluasi di sekolah .
Daftar Pustaka:
  • 1. Anas Sudijono, 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Radja Grafindo Persada.
  • 2. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  • 3. Depdiknas, 2002. Penilaian Berbasis Kelas, Jakarta: Puskur Balitbang,
  • 4. Grondlund, 1985. Measurement and Evaluation in Teaching, New York: Macmillan Publishing Company,
  • 5. M. Ngalim Purwanto, 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya,
  • 6. Nana Sudjana, 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya,