Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A1-A1
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji konsep-konsep penelitian, penelitian pendidikan, prosedur dan langkah-langkah penelitian pendidikan, membedakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan macam rancangan penelitian serta menerapkan untuk kepentingan penelitian pendidikan pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai konsep dasar didaktik dan pedagogik untuk merancang penelitian pendidikan sejarah.
  • Mampu menguasai konsep dasar rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sejarah untuk kegiatan penelitian pendidikan sejarah.
  • Mampu merancang penelitian dalam rangka meningkatkan muatan nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif, dan kontekstual dalam pembelajaran sejarah.
  • Mampu memanfaatkan sumber belajar sejarah dalam kegiatan penelitian secara kritis, kreatif, inovatif, dan kontekstual.
  • Mampu mengembangkan pembelajaran yang dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui penelitian pendidikan.
Daftar Pustaka:
  • Angels, T.A. (1991). Classroom research:early lessons from success. San Francisco: Jossey-Bass, Inc.
  • Stringer, Ernest T. (1996). Action Research: A Hanbook for Practitioners. California: SAGE Publications, Inc.
  • Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
  • Hopkins, D. (1993). A teacher’s guide to classroom research. Philadelphia: Open University Press.
  • Hubbard, Ruth and Power, Brenda M. (1993). The Art of Classroom Inquiry, A Handbook for teacher-research. New Hampshire: Heinemann, Portsmouth.
  • Kemmis, S and Mc Taggart, R. (1990). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.
  • Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  • Nana, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
  • Noffke , Susan E and Stevenson B Robert. (1995). Educational Action Research. New York:Columbia University.
  • Priyadi, S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
  • Shaver, J.P. (ed). (1991). Handbook on research of social studies teaching and learning. Washington, D.C: NCSS