Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Pengertian, tujuan, manfaat dan ruang lingkup kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum berbasis kompetensi, rasional pengembangan Kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013, pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013, silabus dan buku teks mata pelajaran sejarah Kurikulum 2013.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menemukan dan menghayati nilai-nilai pendidikan sejarah dari kurikulum , silabus dan buku teks sejarah sebagai titik-tolak pengembangan nilai-nilai pendidikan. karakter secara kontekstual dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah
  • Mampu menganalisis secara kritis konsep, prinsip dan karakteristik kurikulum, silabus dan buku teks mata pelajaran Sejarah dan Sejarah Indonesia.
  • Mampu menerapkan prosedur analisis kurikulum dan buku teks sejarah secara kritis dan sistematik, untuk menemukan dan memgkomunikasikan kesesuaian prinsip-prinsip kurikulum dengan silabus, silabus dengan buku teks.
Daftar Pustaka:
  • Abdullah Idi.2010. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jogjakarta: Arrus Media
  • Darmiasti. 2002. “Penulisan Buku Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas tahun 1964-1984: Sejarah demi Kekuasaan”. Tesis. Tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia.
  • Foster, S. (2011). Dominant traditions in international textbook research and revision. Education Inquiry, 2(1), 5-20.
  • Foster, S. (2012). Re-thinking history textbooks in a globalized world. History education and the construction of national identities, 49-62.
  • Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis. Dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/
  • Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  • Enco Mulyoso.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Rosyda
  • Nana Syaodih Sukmadinata. Et.al. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama
  • Suparlan.2012. Tanya Jawab pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Bandung: Remaja PT Remaja Rosdakarya
  • Masnur Muslih. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  • Masnur Muslih. KTSP.2012. Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara
  • Reigeluth, Charles M (ed). 1999. Instructional-Design Theories And Models. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
  • Hasan, Said Hamid. 2013. Problematika Pendidikan Sejarah . Bandung: Jurusan Sejarah UPI
  • Darmawan, W. 2010. “Historiography Analysis of History Text Book fron Neerlandocentric to Scientific” dalam Historia: International Journal of History Education, Vol. Xi, No. 2., 99-118