Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Pengertian sebagai peristiwa, kisah, ilmu, seni, dan cara berpikir; konsep-konsep dasar ilmu sejarah; objektivitas, subjektivitas, dan kebenaran sejarah; fakta sejarah; metode sejarah; sejarah dan ilmu-ilmu lain; guna sejarah; sejarah dalam perspektif pendidikan; wawasan dan kesadaran sejarah
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep dasar ilmu sejarah secara kritis, teliti, dan kreatif secara mandiri maupun kolaboratif untuk mengembangkan logika berpikir yang historis
  • Memahami kedudukan dan kegunaan ilmu sejarah beserta proses penelitian dan penulisannya secara logis dan sistematis
  • Mampu mengidentifikasi secara teliti, kritis, dan kreatif kedudukan sejarah sebagai ilmu dan sebagai dasar memahami proses sejarah, serta sebagai bekal memasuki bidang teori dan kajian sejarah
Daftar Pustaka:
  • Ahmad, T.A. 2016. Sejarah Kontroversial dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
  • Carr, E,H. 2014. Apa itu Sejarah? Depok: Komunitas Bambu
  • Hamid, A.R, dan Majid, M.S. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak
  • Kartodirjo, S. 2014. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
  • Kochhar, S.K..2008. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: Grasindo
  • Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Rowse, A.L. 2014. Apa Guna Sejarah? Depok: Komunitas Bambu
  • Wijaya, D. N. (2016b). NAPAK TILAS PERSPEKTIF INDONESIASENTRIS JACOB CORNELIS VAN LEUR
  • Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(1), 31–46. https://doi.org/10.17977/sb.v10i1.5914