Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A4C-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang konsep dan filsafat PLS, fungsi PLS dalam sistem pendidikan nasional, karakteristik PLS, satuan-satuan PLS, peluang, tantangan, dan problematika PLS. Ruang lingkup yang dipelajari dalam matakuliah ini antara lain filsafat dan konsep PLS, fungsi PLS dalam sistem pendidikan, karakteristik PLS, satuan-satuan PLS, peluang, tantangan, dan problematika PLS.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang hakikat PLS dalam perspektif pendidikan nonformal
  • Mahasiswa memiliki pemahaman tentang filsafat dan teori-teori Pendidikan nonformal dan in-formal
  • Mahasiswa menganalisis cakupan dan program-program pendidikan nonformal dan informal
  • Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis permasalahan PNFI dalam kaitannya dengan teori dan program PNFI terkini yang berkembang di masyarakat
  • Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan model-model Pendidikan nonformal dan in-formal.
Daftar Pustaka:
  • Faisal, Sanapiah. 2007. Pendidikan Luar Sekolah Menjawab: Tugas Mulia Mengisi Pembangunan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Ditjen PNFI Depdiknas
  • Hatimah, Ihat & Sandri. 2007. Pembelajaran: Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
  • Joesoef, Sulaiman. 1999. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Sihombing, Umberto. 2001. Masalah, Tantangan dan Peluang. Jakarta: PD Mahkota.
  • Suparna, B. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah: Nonformal Education and Adult Education. Malang: Jurusan PLS FIP UM.