Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C9-PLS
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Kotrak Belajar
  • Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang konsep pendidikan informal
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai dan kegiatan-kegiatan tradisi lokal yang memiliki kearifan lokal dalam pendidikan informal ditengah masyarakat
  • Mahasiswa mampu mengorganisir nilai-nilai dan kegiatan-kegiatan tradisi memiliki kearifan lokal dalam pendidikan informal ditengah masyarakat menjadi proses pembelajaran kearifan lokal
  • Be-Gniostic Learning
  • Transfer of Knowladge
  • Praktek-Praktek pedidikan informal
  • UJIAN
  • Pembelajaran Transformatif
Daftar Pustaka:
  • 1. Beckeet, D. & hager, P. 2002. Life, Work and Learning: Practice in Posmodernity. London: Routledge
  • 10. Moedzakir, Djauzi, M. 2015. Pembelajaran Transformatif untuk Pendidikan Nonformal, Pendidikan Informal, dan Pemberdayaan Masyarakat. Malang: Elang Emas.
  • 11. Yuniar Putri Dias. 2017. Model Bi-Gnostic Learning Pengobatan Sangkal Putung. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas negeri Malang.
  • 12. Zulkarnain dan Nurhadi. 2018. Pembelajaran Indigenous System Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Lokal dalam Membina Keharmonisan Masyarakat Desa. (Kajian Teori dan Implementasi dalam Pendidikan Informal). Malang; UM Penerbitan dan Percetakan
  • 13. Zulkarnain. 2019. Model Pembelajaran Pendidikan Informal Pewarisan Norma-Norma Adat dalam Membentuk Perilaku Kriteria Sosial Bagi Generasi Penerus Masyarakat Tengger di Desa Ngadas Kabuaten Malang.
  • 2. Cheng, C.Y. 2002. Fostering Local Knowledge and Wisdom in Globalized Education: Multiple Theories, Presented at the 8th International Confrence on Globalization and Localization Enmeshed: (Searching for a Balance in education). 22 November 2020, Bangkok, Thailand
  • 3. Joyce, B Weil, M & Calhoun, E. 2000. Models of Teaching. Boston-London: Allyn.
  • 4. Kandhilok. Peeranut. 2013. Family Play Learning Through Informal Education Make and Play Activities with Traditional Thai Toy Activities at a Science Museum. Disertasi. Tahiland: Brunel University
  • 5. Linda, D.R & Mary, Wolfe. 2001. The Princiles and Practice of Informal Education. London: Routledge Falmer.
  • 6. Marsick, V.J & Volpe, M. 1999. The Nature and Need for Informal Learning Advinces in Developing Human Resources. Journal of Worplace 1: 1-9
  • 7. Marsick, V.J & Watkins, K. 1990. Informal and Incedental Learning in the Workplace. London: Routledge.
  • 8. Supriyono, dkk. 2014. Model Revitaliasasi Best Practice Sistem Pendidikan Informal sebagai Media Transfer of Knowledge Kearifan Lokal di Jawa Timur. Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. LP2M UM.
  • 9. Supriyono. 2012. Menggagas Interkoneksi antar Jalur Pendidikan: Sinergi Pendidikan Sekolah dan pendidikan Luar Sekolah dalam Pembangunan Nasional. Pidato Pengukuhan Guru Besar disampaikan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang, 10 oktober 2012