Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang gaya, karakteristik, perkembangan penulisan sumber tertulis di Nusantara dari abad XV hingga abad XIX dan arti pentingnya bagi penulisan sejarah Indonesia. Definisi babad, kitab, serat, hikayat, travel account, gaya penulisan naskah, dan karakteristik naskah.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakter, gaya dan muatan fakta yang terdapat dalam babad, serat dan Hikayat


  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan perkembangan naskah di Nusantara dari abad XV hingga XIX melalui kajian pustaka


  • Mahasiswa mampu melakukan interpretasi penokohan, gaya bahasa, majas, mitos dan legendaa yang terdapat pada naskah Nusantara melalui kajian teks

  • Mahasiswa melakukan refleksi terhadap nilai-nilai dan “harapan” yang terkandng dalam substansi Babad, dan Hikayat untuk dijadikan sebagai pedoman kehidupan

Daftar Pustaka:
  • Abdul Hadi W.M. Kakawin Dan Hikayat. Refleksi Sastra Nusantara 3. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional, 2010

  • Ambaristi dan Lasman Marduwiyota, Babad Dipanegara ing Nagari Ngayogyakarta Adiningrat. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983

  • Hellwig, Tineke and Eric Tagliacozzo (eds), The Indonesian Reader. History, Culture and Politics. London: Duke University Press, 2009

  • Sri Margana, Pujangga Jawa dan Bayang Bayang Kolonial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2004

  • Ras, J.J, Masyarakat dan Kesusastraan di Jawa. Jakarta: Yayasan Obor, 2014

  • Winarsih Partaningrat Arifin, Babad Blambangan. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1993

  • Sartono Kartodirjo, Historiografi Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia, 1991