Pilihan pendaftaran
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang gaya, karakteristik, perkembangan penulisan sumber tertulis di Nusantara dari abad XV hingga abad XIX dan arti pentingnya bagi penulisan sejarah Indonesia. Definisi babad, kitab, serat, hikayat, travel account, gaya penulisan naskah, dan karakteristik naskah.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakter, gaya dan muatan fakta yang terdapat dalam babad, serat dan Hikayat
Mahasiswa mampu mendeskripsikan perkembangan naskah di Nusantara dari abad XV hingga XIX melalui kajian pustaka
Mahasiswa mampu melakukan interpretasi penokohan, gaya bahasa, majas, mitos dan legendaa yang terdapat pada naskah Nusantara melalui kajian teks
Mahasiswa melakukan refleksi terhadap nilai-nilai dan “harapan” yang terkandng dalam substansi Babad, dan Hikayat untuk dijadikan sebagai pedoman kehidupan
Abdul Hadi W.M. Kakawin Dan Hikayat. Refleksi Sastra Nusantara 3. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional, 2010
Ambaristi dan Lasman Marduwiyota, Babad Dipanegara ing Nagari Ngayogyakarta Adiningrat. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983
Hellwig, Tineke and Eric Tagliacozzo (eds), The Indonesian Reader. History, Culture and Politics. London: Duke University Press, 2009
Sri Margana, Pujangga Jawa dan Bayang Bayang Kolonial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2004
Ras, J.J, Masyarakat dan Kesusastraan di Jawa. Jakarta: Yayasan Obor, 2014
Winarsih Partaningrat Arifin, Babad Blambangan. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1993
Sartono Kartodirjo, Historiografi Arah dan Perspektif. Jakarta: Gramedia, 1991
- Pengajar: Reza Hudiyanto