Pilihan pendaftaran
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
B9-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang konsep ABK dan kajian psikologis tentang perekembangan. Selain itu, matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dengan tim ahli terkait untuk melakukan asesmen pada ABK. Lebih lanjut mata kuliah ini membahas tentang karakteristik dan permasalahan perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus, serta layanan pembelajaran bagi ABK.
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan
Memiliki pemahaman tentang asesmen dan karakteristik ABK serta mampu menganalisis permasalahan perkembangan ABK
Memiliki pemahaman yang komperhensif tentang ABK, kajian psikologis Anak berkebutuhan Khusus pada aspek perkembangan serta Mampu memberikan layanan pembelajaran yang acomodatif bagi ABK..
UTS
UAS
Lewis, Vicky,2003 Development And Disability , second edition. Blackwell Publishing, UK
Kauffman, Hallahan , 1994, Exceptional Children, Allyn Bacon, USA
Mangunsong f. (1998). Psikologi dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UISantrock J. (2007). Perkembangan Peserta didik Jilid 1 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Soemantri S. (2007). Psikologi Peserta didik Luar Biasa. bandung: Refika Aditama
Syamsu Yusuf & Nani M.S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Pengajar: Rizqi Rizqi Fajar Pradipta