Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
B9-AUD
Deskripsi:

 Matakuliah ini berisi materi tentang konsep filsafat, fungsi filsafat, ciri berpikir secara filsafat, cara mempelajari filsafat, sistematika filsafat pendidikan, hakikat manusia, masyarakat, kebudayaan, hakikat nilai, system pendidikan nasional, aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Pancasila


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai dasar-dasar dan asas filsafat

  • Mampu menguasai filsafat pendidikan sebagai sistem

  • Mampu menganalisis hubungan antara masyarakat, kebudayaan dan pendidikan,

  • Mampu menganalisis problem filosofis dalam pengembangan masyarakat, kebudayaan dan pendidikan,

  • Mampu menguasai hakikat kenyataan, pengetahuan, dan nilai dalam hubungannya dengan pengembangan PAUD

  • Menguasai etika profesi dalam meelaksanakan tugas sebagai pendidik PAUD

  • Menguasai teori dan aliran filsafat pendidikan

  • Menguasai ajaran filsafat pendidikan Pancasila

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Bird, A. 2000. Philosophy of Science (fundamental of philosophy series). London: UniversityCollegeLondon (UCL).

  • Hunnex, M.D. 1995 Chronological and Thematical Charts of Philosophies and Philosophers. Michigan: Academic Books, Zondervan Publishing House

  • Noorsyam, M, 2006. Filsafat Ilmu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

  • Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.

  • Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.

  • Noorsyam, M, 2001. Pandangan Hedonisme tentang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan.Malang: FIP UM

  • Tilaar, 2004. Multikulturalisme. Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Jurnal Antropologi

  • -----, 2004. Multicultural in South Asia and Indonesia, Jakarta: Jurnal Antropologi

Guests cannot access this course. Please log in.