Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
GH-GH
Deskripsi:

Mereview pengalaman belajar mahasiswa dari matakuliah yang memiliki kedekatan dengan matakuliah ini, selanjutnya mendiskusikan pembangunan wilayah antar negara-negara di dunia. Berikutnya adalah membekali mahasiswa dengan berbagai teknik analisis wilayah sehingga mahasiswa mampu, paham, dan memiliki daya analitis kewilayahan dari berbagai aspek baik formal maupun fungsional, dan di pertemuan ke 13-16 mahasiswa telah mampu mengkategorikan dan men-generalisasi wilayah berdasarkan aspek yang dianalisis untuk digunakan sebagai rekomendasi dalam pengembangan wilayah


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan analisis wilayah baik fisik, ekonomi, kependudukan, budaya, dan pola keruangan, sehingga dapat diketahui tingkat perkembangan dan potensi wilayah

Daftar Pustaka:
  • Azis, I.J., 1990. Interregional Allocation Of resources In Indonesia: Is There Any systematic Planning?. Jakarta: Inter-University Centre, Economics, University of Indonesia (IUC-EC-UI).

  • Azis, I.J. and Djojodipoero, M., 1994. Ilmu Ekonomi Regional dan Beberapa Aplikasinya di Indonesia. Lembaga Penerbit, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

  • Isard, W., Azis, I.J., Drennan, M.P., Miller, R.E., Saltzman, S. and Thorbecke, E., 2017. Methods of interregional and regional analysis. Routledge.

  • Muta’Ali, L., 2015. Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang dan Lingkungan. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, 347.

  • Surastopo, H., 1991. Metode analisa geografi. LP3ES.

  • Wilson, A.G., 2014. Complex spatial systems: the modelling foundations of urban and regional analysis. Routledge.

Guests cannot access this course. Please log in.