Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
E2-B6
Deskripsi:

  1. Konsep dasar termodinamika: pengertian termodinamika, hukum I termodinamika, hukum II termodinamika, sistem satuan, pengertian sistem, sistem tertutup, sistem terbuka, proses dan siklus.
  2. Konsep energi, transfer energi dan analisis energi secara umum (transfer energi karena kalor, transfer energi karena kerja dan transfer energi karena massa).
  3. Sifat-sifat zat murni (pengertian zat murni, perubahan fase zat murni), mampu menggunakan tabel sifat-sifat zat murni untuk menghitung perubahan sifat-sifat pada perubahan fase dan menjelaskan persamaan keadaan gas ideal.
  4. Perubahan energi pada sistem tertutup (kerja pada proses dengan volume konstan, kerja pada proses dengan tekanan konstan, kerja pada proses isotermal, kerja pada proses politropik) dan kesetimbangan energi pada sistem tertutup.
  5. Prinsip energi dan massa pada kontrol volum (sistem terbuka): prinsip konservasi massa, kesetimbangan massa pada proses aliran stedi, energi dan kerja pada fluida yang mengalir serta menjelaskan dan menghitung transport energi karena massa. 


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep-konsep dasar termodinamika


  • Menerapkan konsep-konsep dasar termodinamika untuk analisis sistem termodinamika teknik


Daftar Pustaka:
  • Cengel, Yunus A. dan Boles, Michael A.,  2015. Thermodynamics: An Engineering Approach, Eighth Edition, McGraw-Hill Education

  • Michael J. Moran dan Howard N. Shapiro, 2014. Fundamentals of Engineering Thermodynamics, Edisi ke-8, John Wiley & Sons

  • Stanislaw Sieniutycz, 2016. Thermodynamic Approaches in Engineering Systems [1st ed.], Elsevier

  • Wong, Kaufui Vincent, 2011. Thermodynamics for Engineers, 2nd Edition, CRC Press

  • J. P. O'Connell, J. M. Haile, 2010. Thermodynamics Fundamentals for Applications, Cambridge University Press

  • Tarik Al-Shemmeri, 2010. Engineering Thermodynamics, Ventus Publishing ApS

Guests cannot access this course. Please log in.