Topic outline

  •       


    SELAMAT DATANG

    MAHASISWA PESERTA MATA KULIAH

    PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI

                                                                     

                                 

    Dosen Pembina: Drs Hadi Soekamto, SH, MPd, MSi

  • Pertemuan 1: Pengantar dan kontrak belajar

    Pertemuan ini bertujuan untuk menyajikan RPS dan menyepakati ketentuan dan tata tertib perkuliahan.

    Kegiatan belajarnya  sebagai berikut:

    1. Mahasiswa wajib mengunduh RPS yang telah disajikan dan mempelajari skenario yang terdapat di dalamnya

    2. Setelah memahami isi dari RPS tersebut, mahasiswa wajib mengisi Harapan dan Kekhawatiran dengan meng-klik ikon yang tersedia

    3. Menyepakati ketentuan dan tata tertib penyelenggaraan perkuliahan

    4. Mempelajari perintah Tugas 1 dan mempersiapkan materi/sumber . Kemudian menyusun Tugas 1, jika sudah selesai kemudian mengunggahnya di tempat yang tersedia sesuai batas akhir pengumpulannya. 

    5. Jika ada kesulitan silahkan gunakan Grup WA untuk menanyakan/mendiskusikannya

  • Pertemuan 2:Landasan filosofis dan pendekatan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi dan Kurikulum new normal

    Pertemuan ini disediakan untuk mengkaji persamaan dan perbedaan landasan filosofis dan pendekatan implementasi kurikulum 2013 revisi dan kurikulum new normal (kurikulum yang disederhanakan).

    Kegiatan belajar:

    1. Cari dan temukan referensi yang membahas tentang landasan filosofis dan pendekatan implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum new normal

    2. Diskusikan didalam kelompok masing-masingtentang persamaan dan perbedaan landasan filosofis dan pendekatan implementasi dari kedua kurikulum tersebut

    3. Tulis hasil diskusi kelompok oleh masing-masing anggota dengan bahasanya sendiri-sendiri

    4. Upload hasil kerja anda di tempat yang sudah tersedia

  • Pertemuan 3: Konsep, prinsip,  serta kaidah penyusunan Silabus Pembelajaran Geografi.  

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, prinsip serta kaidah penyusunan Silabus.

    Proses perkuliahan yang akan diselenggarakan pada pertemuan ini adalah:

    1. Penyampaian materi

    2. Mempelajari bahan ajar

    3. Tanya jawab

    4. Kerja dalam kelompok


  • Pertemuan 4:Praktek menyusun Silabus Pembelajaran Geografi

    Pertemuan ini disediakan untuk praktek menyusun silabus pembelajaran geografi secara berkelompok.

    Dengan memperhatikan penjelasan tentang konsep, prinsip dan prosedur penyusunan silabus, maka setiap kelompok berdiskusi untuk menyusun silabus secara kolaboratif. Untuk sarana komunikasi di antara anggota dalam suatu kelompok dianjurkan menggunakan aplikasi WhatsApp Group, atau menggunakan aplikasi lain sesuai kesepakatan kelompok.

    Kertas kerja kelompok disediakan di link berikut:

    Kelompok 1 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_1

    Kelompok 2 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_2

    Kelompok 3 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_3

    Kelompok 4 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_4

    Kelompok 5 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_5

    Kelompok 6 di: http://gg.gg/silabus_off_A_kelompok_6

    Pilih link di atas sesuai kelompoknya, buka file menggunakan Google spreadsheet.

    Silahkan semua anggota kelompok  bisa mengerjakan bersama-sama /secara kolaboratif di file tersebut.

    Hasil kerja kelompok harus diunduh dan diupload oleh masing-masing anggota secara individu di tempat yang sudah tersedia.

  • Pertemuan 5:Konsep, prinsip,  serta kaidah penyusunan Prota & Promes Pembelajaran Geografi.

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, prinsip serta kaidah penyusunan Prota dan Promes  sebagai Perangkat Pembelajaran Geografi (SMA/MA.

    Kegiatan perkuliahan ini berupa:

    1. Mengunduh dan mempelajari hand out tentang PROTA dan PROMES

    2. Memutar dan menyimak VIDEO penjelasan PROTA dan PROMES

    3. Diskusi dan Tanya Jawab


  • Pertemuan 6: Praktek menyusun Prota & Promes Pembelajaran Geografi secara kelompok sesuai tugasnya masing-masing

    Pertemuan bertujuan agar mahasiswa trampil menyusun Prota-Promes Pembelajaran Geografi SMA/MA

    Adapun kegiatan perkuliahan ini dilakukansecara ASINKRONUS dengan rincian  sebagai berikut;

    1. mahasiswa mengunduh file kalender pendidikan yang sudah tersedia

    2. mahasiswa mengunduh file kertas kerja prota-promes yang tersedia atau mengklik link/tautan kertas kerja prota promes. jika sudah terhubung dengan tautan atau link tersebut, mahasiswa wajib langsung membuat salinan dengan cara pilih menu file lalu pilih buat salinan (make a copy). beri nama kertas kerja + nama anda.   tidak diperkenankan mengedit langsung sebelum dibuat salinan file kertas kerja awal. Silakan share tautan/link kertas kerja Anda di WAG agar kami bisa memberikan komentar langsung secara online

    3. mahasiswa bekerja di dalam kelompok bukan bekerja secara kelompok, karena tugas praktek menyusun prota promes ini adalah tugas individu tapi berkomunikasi dengan anggota kelompok lainnya. Gunakan saluran komunikasi sesuai kesepakatan dari masing-masing kelompok.

    4. ketua kelompok bertanggung jawab mengatur penetapan jadwal hari mengajar dari masing-masing anggotanya dengan ketentuan setiap mahasiswa hari mengajarnya tidak boleh sama. Misalnya Si A jadwal pengajarnya ditentukan hari Senin dan Rabu, Si B jadwalnya Selasa dan Kamis, dst.

    5. Setiap pertanyaan harus menggunakan wa grup kelas yang ada. Saya dibantu Mbak Desi akan menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan mahasiswa.

    Sekian Terima kasih, Selamat bekerja 

  • Pertemuan 7: Konsep, prinsip, prosedur ;serta kaidah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi.

    Pertemuan bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, prinsip serta kaidah penyusunan RPP Geografi SMA/MA. 

    Untuk mencapai tujuan itu, perkuliahan ini dilakaasanakan dengan kegiatan sebagai berikut:

    1. Mahasiswa menyimak penjelasan Dosen secara daring melalui Google meet yang tersedia

    2. Mahasiswa mengunduh dan mempelajari Hand out yang tersedia

    3. Mahasiswa berdiskusi, bertanya jawab tentang materi yang masih belum dipahami melalui Forum Diskusi yang tersedia

    4. Mahasiswa berlatih menyusun sesuai materi ajar yang menjadi tugasnya


  • Pertemuan 8:Praktek menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Geografi.secara kelompok sesuai tugasnya masing-masing

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa trampil menyusun RPP Geografi SMA/MA. 

    Adapun acara perkuliahannya adalah sebagai berikut:

    1. Setelah mengisi presensi kehadiran, setiap mahasiswa mengunjungi tautan yang ada untuk melihat Kertas kerja Penyusunan RPP.
    2. Jika sudah terhubung dan masuk ke file Kertas Kerja tersebut, setiap mahasiswa wajib membuat salinan file dengan cara klik menu File, lalu pilih buat salinan, mengganti / merubah nama file menjadi ada unsur Nama mahasiswa yang bersangkutan di belakang. 
    3. Agar dapat dipandu proses pekerjaannya, maka setiap mahasiswa wajib membagi (share) file dengan menambahkan email saya dan Mbak Desy sebagai editor.
    4. Saya dan Mbak Desy dapat mengunjungi/melihat proses kerja mahasiswa dengan meng-klik link yang telah dibagikan kapan saja untuk memberi komentar/masukan.
    5. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di WA Grup.
    6. Hasil kerja yang sudah dianggap selesai, silahkan di unduh dah dikirimkan di tempat Unggah Tugas RPP yang tersedia di Sipejar ini.


  • Pertemuan 9:Ujian Tengah Semester

    Pada pertemuan ini mahasiswa mengikuti Ujian Tengah Semester.

    Adapun acaranya adalah sebagai berikut:

    1.  Setiap mahasiswa wajib bergabung di Google Meet.
    2.  Jika semua sudah siap, mahasiswa masuk di Google Form dan mulai mengerjakan sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia
    3.  Bagi yang sudah selesai langsung meng-klik SUBMIT atau KIRIM, dan dipersilahkan untuk left di Google Meet.
    4.  Pembahasan jawaban akan dilaksanakan di pertemuan berikutnya.

    • SOAL UTS MK-PPG'20 URL
      Restricted Available until 26 October 2020, 8:45 AM
  • Pertemuan 10: KONSEP, PRINSIP, SERTA KAIDAH PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA GEOGRAFI

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, prinsip, dan prosedur penyusunan Lembar Kegiatan Siswa Pembelajaran Geografi SMA/MA. Adapun acara perkuliahan hari ini adalah sebagai berikut:

    • Menilai jawaban UTS teman sejawat

    1.  Silahkan anda klik Rekap nilai UTS yang ada, kemudian cari Nama anda di kolom Korektor (berwarna Orange).
    2. Anda diminta untuk menilai hasil jawaban teman anda dengan cara memberi sekor pada masing-masing pertanyaan.
    3. Anda tidak diperkenankan melakukan perubahan apapun pada kolom jawaban teman anda, namun anda hanya diperbolehkan memberi sekor di kolom yang berwarna orange dengan angka 0, 1, 2, dan 3 sesuai petunjuk.
    4. Sebagai panduan/acuan jawaban dari setiap soal, silahkan arahkan kursor dan klik pada sel/kotak soal yang akan dinilai maka akan muncul kotak berisi unsur-unsur jawaban yang benar. Dengan mengacu pada panduan/arahan tersebut silahkan beri nilai setiap jawaban teman anda di kolom sebelahnya yang berwarna orange dengan angka 0 jika teman anda TIDAK MENJAWB; 1 jika jawaban SALAH; 2 jika jawabannya KURANG SEMPURNA; dan 3 jika jawaban teman anda SEMPURNA.

    • Memahami Konsep, prinsip, dan prosedur penyusunan LKS/LKPD
    1. Silahkan unduh bahan ajar Pedoman Penyusunan LKS/LKPD yang ada
    2. Silahkan pelajari untuk memahami apa dan bagaimana LKPD itu dibuat atau dikembangkan
    3. Gunakan forum diskusi yang ada untuk mengajukan pertanyaan yang masih belum dipahami, sedangkan teman yang lain bisa memberi jawaban di forum diskusi ini.
    4. Silahkan klik "Templet LKS/LKPD" yang ada di bagian paling bawah di File Pedoman Penyusunan LKS/LKPD untuk membuat/menyusun LKS/LKPD masing-masing. Atau langsung klik link berikut : https://bit.um.ac.id/templet-LKPD
    5. Setiap mahasiswa wajib membuat LKS/LKPD minimal 1 (satu) LKPD sesuai RPP nya masing-masing.
    6. Jika menginginkan pendampingan saat penyusunan LKPD, silahkan share Kertas kerja anda dengan menambahkan email saya dan Mbak Desy di kertas kerja anda. Anda harus membuat salinan/copy file terlebih dahulu sebelum mengerjakan Kertas Kerja anda dengan memberi nama anda di kertas kerja anda.
    7. Selamat berkarya

  • Pertemuan 11: praktek penyusunan Lembar Kegiatan Siswa Geografi

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa terampil menyusun Lembar Kegiatan Siswa Pembelajaran Geografi SMA/MA  Adapun acara kegiatan perkuliahan hari ini adalah sebagai berikut:

    1. Setiap mahasiswa wajib membuat LKS/LKPD sesuai tugas RPP nya  di Kertas Kerja LKPD masing-masing.
    2. Kertas kerja LKPD dibagikan di Kelompoknya masing-masing untuk di Review/dinilai oleh teman didalam kelompok. Ketua kelompok mengatur pembagian siapa mereview LKPD dari siapa. Setiap mahasiswa wajib mereview 2 LKPD temannya. Misalnya, Si A mereview LKPD dari Si B dan Si C; Si B mereview milik Si C dan Si D, dan seterusnya. Tidak diperkenankan saling mereview, misalnya Si A mereview Si B, dan Si B mereview Si A.
    3. Reviewer diwajibkan hanya  memberi komentar terhadap LKPD temannya dengan cara menyorot/blok kalimat atau bagian yang akan diberi komentar, lalu klik tanda kotak tambah komentar yaitu tanda yang ada tanda tambah/plus di sebelah kanan dari bagian yang di blok. Tuliskan apa komentar anda.
    4. Jika selesai mereview LKPD temannya silahkan Download hasil review dan beri Nama Filenya dengan: Review LKPD_Nama yang direview_by_Nama yang mereview. Unggah tugas review di tempat yang tersedia.

    Adapun pedoman penilaian/review LKPD adalah sebagai berikut:

    1. Perhatikan apakah perintah-perintah dalam rincian kegiatan sudah jelas, rinci, dan runtut. Jika menurut anda tidak sesuai silahkan berikan komentar dan saran anda.

    2. Perhatikan dan cermati apakah setiap perintah dalam rincian kegiatan sudah dituliskan apa saja bahan, alat, dan sumber di bagian Bahan, Alat, dan Sumber. Jika tidak silahkan berikan komentar dan saran anda.

    3. Perhatikan dan cermati apakah pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada bagian pertanyaan sudah ada kegiatannya di/pada bagian  rincian kegiatan. Jika tidak sesuai maka berikan  komentar dan  saran anda.

    4. Cermati isi dari pendahuluan apakah sudah merupakan pengantar atau tujuan atau manfaat mengerjakan LKS./LKPD

    5. Cermati apakah judul LKS sudah merupakan kata atau kalimat pernyataan.


  • Pertemuan 12: Konsep, prinsip,  serta kaidah penyusunan Penilaian Hasil Belajar Siswa Geografi

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, prinsip, dan prosedur penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran Geografi SMA/MA.

    Acara perkuliahan tidak dilakukan secara sinkronus (Tanpa web meeting) adalah sebagai berikut:

    1. Mahasiswa mengisi presensi kehadiran
    2. Mengunduh Bahan ajar untuk dipelajari
    3. Bagi yang belum jelas, silahkan bertanya di Forum Diskusi, mahasiswa lain yang bisa menjawab silahkan langsung me-reply
    4. Untuk praktek menyusun Alat penilaian silahkan buka link kertas kerja, lalu buat salinan, share dengan menambah email saya dan mbak Desy
    5. Pertanyaan mendesak silahkan gunakan WA grup

  • Pertemuan 13: praktek penyusunan Penilaian Hasil Belajar Siswa Dan Melengkapi Media Pembelajaran & Bahan Ajar

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa trampil menyusun Alat Evaluasi Pembelajaran Geografi SMA/MA dan melengkapi Media Pembelajaran & Bahan Ajar sebagai kelengkapan RPP.

    Adapun acara perkuliahan pada pertemuan ini adalah:

    1. Praktek menyusun Alat Evaluasi dengan mengerjakan Kertas Kerja yang telah dibagikan link nya.
    2. Melengkapi dengan mengembangkan Media Pembelajaran sesuai dengan materi yang ada di RPP
    3. Melengkapi Bahan Ajar dengan mengembangkan Hand Out, Ringkasan Materi, atau Bahan Bacaan dengan melengkapi Templet Bahan Ajar yang dibagikan.
    4. Buka link Templet Bahan Ajar untuk kemudian dibuat Salinan dengan nama file:  KK_BA_Nama anda 
    5. Susunlah Bahan Ajar dengan memanfaatkan keunggulan program Google Document  seperti yang telah dipraktekkan sebelumnya (Mencari sumber, Mencari gambar, Tabel, Data, dll)
    6. Unggah seluruh hasil kerja anda di tempat yang tersedia.

    Selamat berkarya!

  • Pertemuan 14: sinkronisasi perangkat pembelajaran

    Sesi ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan sinkronisasi terhadap Perangkat Pembelajaran yang telah dikerjakan untuk kemudian direview oleh teman sejawat guna mendapat masukan agar diperbaiki. Untuk itu setiap mahasiswa harus menyerahkan seluruh draft  perangkat pembelajarannya kepada teman pasangannya untuk direview, sehingga pada akhirnya mahasiswa ybs bisa merevisi perangkatnya sebagai finalisasi tugas proyek pengembangan perangkat pembelajaran.

  • Pertemuan 15: finalisasi & Penilaian  Perangkat pembelajaran Geografi yang telah disusun oleh mahasiswa dari kelompok lain

    Pertemuan ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan penilaian terhadap Perangkat Pembelajaran Geografi SMA/MA. 

    Adapun acara perkuliahannya adalah sebagai berikut:

    1. Setiap mahasiswa yang telah memperbaiki Perangkat pembelajaran setelah mendapatkan masukan dari Reviewer pasangannya, harus mengunggah di Google Drive yang telah disediakan.
    2. Setiap mahasiswa telah ditentukan siapa saja yang menjadi/bertindak sebagai penilai.
    3. Untuk menilai Perangkat Pembelajaran, setiap penilai melihat File di Google Drive yang ada di Folder Nama mahasiswa yang akan dinilai (anda bisa menunduhnya atau dapat membuka di drive tersebut secara online)
    4. Setiap mahasiswa mengunduh File Rubrik Penilaian Perangkat pembelajaran yang telah disediakan, untuk digunakan sebagai alat penilaian. File tesrsebut harus di Save As dengan nama Nilai Perangkat_Nama Pembuat_By_Nama Penilai
    5. Unggah File tersebut di tempat yang telah disediakan dan masukkan nilainya di Rekap Nilai Perangkat Pembelajaran yang tersedia.
    Demikian agar diperhatikan.

    Selamat bekerja!


  • Pertemuan 16:Ujian Akhir Semester

    Pada pertemuanini mahasiswa mengikuti Ujian Akhir Semester