Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
T1-T1
Deskripsi:

<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"MS Mincho"; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-alt:"MS 明朝"; mso-font-charset:78; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1791491579 18 0 131231 0;} @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536869121 1107305727 33554432 0 415 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536859905 -1073732485 9 0 511 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"MS Mincho"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"MS Mincho"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;} @page WordSection1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.WordSection1 {page:WordSection1;} -->

Konsep, prinsip, dan prosedur tari pendidikan tradisi melalui pengolahan tema, pengolahan elemen dasar komposisi, struktur, penyajian tari, fungsi pendidikan, dan pelaporan secara ilmiah.



Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai konsep-konsep dan prosedur koreografi untuk dasar menyusun tari pendidikan tradisi sebagai media pembelajaran di jenjang SMP dan SMA melalui proses penciptaan karya tari tunggal dan kelompok yang meliputi tema, gerak, desain lantai, desain musik, desain dramatik, desain panggung, tata rias dan busana.

  • 2. Menguasai prosedur saintifik untuk mendapatkan pengetahuan mengenai , merancang penyusunan gerak yang sesuai dengan perkembangan siswa jenjang SMP dan SMA untuk memperoleh data dan informasi terkait a) konsep koeografi, jumlah penari, jenis property, dan penyajian, b) merancang elemen dasar koreografi secara holistik sehingga memperoleh simpulan dan dapat dilaporkannya melalui karya tulis.

Daftar Pustaka:
  • 1.             Beal, nency & Miller, Gloria Bley. [2001]. Rahasaia Mengajarkan Seni Pada Anak. Diterj.

    Fretty H. Panggabeans.2003. Yogyakarta: Prioienbooks.

    2.             Doris Humpry, 1982, The Art of Making Dance. New York: O Hayo Press.

    3.             Parani, Yulianti. 1979. Pengajaran Tari dalam Pendidikan; Sekolah Dasar. Jakarta: Dinas

    Kebudayaan Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

    4.             Soedarsono, R.M. 1997. Komposisi Tari dan eleman dasar Menyusun Tari.Yogyakarta:

    Penerbit ISI Yogyakarta.

    5.             Surono, Cut Kamaril Wardani. 2001. “Konsep Pendidikan Seni Tingkat SD, SMP,SMU”

    Makalah disajikan pada seminar & Lokakarya Nasional Pendidikan Seni, Jakarta 18020 April 2001.


Guests cannot access this course. Please log in.