Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Konsep strategi pembelajaran, klasifikasi strategi pembelajaran, jenis strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dasar dan kriteria pemilihan metode pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu meliliki kemampuan konperhensif tentang strategi pembelajaran sejarah.

  • Mampu menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual dengan memanfaatkan sumber belajar sejarah.

  • Mampu menerapkan kemampuan dasar guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah berdasar rancangan yang telah disusun.

  • Mampu melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran sejarah sesuai dengan kaidah yang berlaku.

  • Mampu melakukan refleksi pada akhir pembelajaran sejarah dalam mengembangkan wawasan pembelajaran sejarah yang menumbuhkan kesadaran sejarah.

Daftar Pustaka:
  • Agung, Leo & Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaan Sejarah. Yogyakarta: Ombak.


  • Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Buku Satu. Terjemahan oleh H.P.Soetjipto & S.M.Soetjipto. Jakarta: Pustaka Pelajar.

  • Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.

  •  Aqib, Zaenal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

  • Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

  • Sadiman, Arief S & Rahardjo Dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

  • Wahab, A.A. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: CV Alfabeta

  • Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Buku Satu. Terjemahan oleh H.P.Soetjipto & S.M.Soetjipto. Jakarta: Pustaka Pelajar.

  •   Arsyad, Ashar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

  • Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

  • Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

  • Hill, Winfred F. 201b2. Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran: Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi). Bandung: Nusa Media

  • Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2009. Theories of Learning (Teori Belajar). Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana

  • Joyce, B; Weil, M; & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Illeris, Knud. 2011. Contemporary Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran Kontemporer). Bandung: Nusa Media

  • Kochhar, S. K. 2008. Teaching of History (Pembelajaran Sejarah). Jakarta: Grasindo.

  •   Nunuk, Suryani & Agung, Leo. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

  • Purwanto, Edy. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.

  • Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

  • Sadiman, Arief . 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Guests cannot access this course. Please log in.