Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A9-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Pembelajaran Berbasis Online Mengkaji konsep dasar e-learning, komponen-komponen e-learning, elemen-elemen dasar halaman web, konsep desain dan struktur e-learning berbasis HTML, XHTML, CSS dan teknologi web terkini, konsep dasar bahasa script (JavaScript dan PHP),dan trend teknologi e-learning seperti CLMS (content and learning management systems), blog, wiki. Pembelajaran Berbasis Online mengkonstruk Konsep teoritis dan wawasan etika profesi untuk memfasilitasi pembelajaran dengan menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar yang efektif, terutama dalam kaitan dengan: 1) Kolaborasi pembelajaran melalui web, 2) Buku elektronik dalam pembelajaran, 3) Sumber Belajar Terbuka, dan 4) Teknologi pendukung pengembangan literasi pebelajar
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis online sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran.

  • Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek pembelajaran berbasis online untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.

  • Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.

  • Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi pembelajaran berbasis online.

Daftar Pustaka:
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.

  • Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge..

  • Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology..

  • Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.