Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
T-T
Deskripsi:

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa tentang cara mengelola bisnis start up. Prasyarat untuk mengikuti matakuliah ini adalah telah menempuh matakuliah Kewirausahaan. Materi yang dibahas pada matakuliah ini meliputi konsep dasar bisnis startup. Prospek bisnis startup di era digital. Berbagai model bisnis startup, segmentasi dan jenis produk yang dijual. Product Life Cycles (PLC). E-commerce. Strategi pemasaran berbasis tekhnologi. Strategi promosi dan e-word of mouth. Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), harga jual, dan Break Even Point (BEP). Manajemen keuangan pada bisnis startup. Manajemen operasional UKM (5M- man, money, material, market, methods, plus machine). Tagihan matakuliah ini di akhir semester berupa rencana pengembangan bisnis jangka pendek dan jangka panjang


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mendeskripsikan jenis dan karakteristik bisnis startup

  • Mampu menganalisa segmen pasar dan model bisnis startup

  • Mampu merumuskan strategi pemasaran berbasis teknologi

  • Mampu menerapkan manajemen keuangan (permodalan) pada bisnis startup

  • Mampu menerapkan manajemen sumberdaya manusia pada bisnis startup

Daftar Pustaka:
  • Start Up Guidebook: Panduan Memulai Startup Bisnis yang harus Kamu Tahu. Penerbit: Anak Hebat Indonesia

  • Hendry E. Ramdhan. 2016. Startup Business Model. Penerbit Penebar Plus

  • Restituta Ajeng Arjanti & Reney Lendy Mosal. 2012. Startup, Indonesia.  Penerbit Kompas

  • Thomas W. Zimmerer and Norman Scarborough. 2013. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prehallindo

  • Jay Conrad Levinson. 2017. Guerilla Marketing. PLP Book

  • Gm Susanto. 2017. The Power of Digital Marketing. Elex Media Komputidno

  • Stoney deGeyter. 2014. The Best Damn Web Marketing Checklist, Period! Velocitized Media, Uniontown, Ohio 44685

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.