Pilihan pendaftaran
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:
Mahasiswa memiliki
wawasan, pengetahuan dan kompetensi di bidang komunikasi dan kehumasan baik
pada instansi pemerintah/dinas maupun pada perusahaan/bisnis untuk memperlancar
kegiatan komunikasi eksternal guna menjaga image organisasi sebagai bekal
memasuki dunia kerja di bidang kependidikan (guru SMK) maupun non kependidikan
(perkantoran). Mempelajari hakekat hubungan perusahaan atau perusahaan non
profit maupun profit menyangkut filsafat etika, dan filsafat komunikasi;
aplikasi kode etik profesi humas; komunikasi; opini public; motivasi dan
kepribadian.
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya kehumasan dan ruang lingkupnya
Memiliki pemahaman mengenai Humas Sebagai Objek Komunikasi
Mengetahui pentingnya Keberadaan Humas dalam Organisasi
Mengetahui apa saja Alat-alat Humas ( iklan, pameran, Media internal, fotografi, film, pers)
Mengetahui cara membentuk Opini Publik
Memahami pentingnya Humas Eksternal dan Keterkaitannya dengan Media
Memahami pentingya Humas Internal
Mengetahui Etika , Etiket, Profesionalisme, Protokol dalam Kegiatan Humas
Melaksanakan kegiatan Praktis Kehumasan
Effendy, Onong, U. 2006. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cole Robet S (1981). The Practrical Public Relations. Englewood, Cliffs. N.J. Prentice Hall
David W Guth dan Charles Marsh (2003). Public Relations : A value-Driven Approach. Boston : Allyn dan Bacon
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggoro, Linggar, L. 2008. Teori & Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Public Relations Writing. Jakarta: Prenada.
Onggo, Bob Julius. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: PT Gramedia.
Kasali, Rhenald. (1994). Manajemen Public Relation, Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.
Anggoro, M. Linggar. (2000). Teori dan Profesi Kehumasan Serta aplikasinya di Indonesia. Bumi Aksara
Black, Sam (2004). Practical Public Relations. New Delhi. Universal Book Stall
Center, Alen H dan Patrick C Jackson (2002). Public Relations : Managerial Case Study and Problem. New Delhi. Prentice Hall India
- Pengajar: MOKHAMMAD ZANKY