Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
D4-D4
Deskripsi:

Mata Kuliah filsafat pendidikan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori dan konsep pendidikan dari berbagai mazhab supaya dapat mengembangkan pembelajaran sejarah secara kritis dan inovatif . Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang: Pengertian filsafat dan lapangannya; perbedaan filsafat, ilmu, dan agama; filsafat pendidikan, berbagai aliran filsafat pendidikan dan keterkaitannya dengan pembelajaran sejarah, filsafat pendidikan Pancasila dan bentuk pendekatan pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis konsep-konsep pokok filsafat dan filsafat pendidikan secara kritis.
  • Mampu menganalisis konsep-konsep pokok beberapa aliran filsafat pendidikan.
  • Mampu mengidentifikasi konsep-konsep yang melandasi suatu kebijakan dan praktek pendidikan sesuai dengan pembelajaran sejarah
  • Mampu mengembangkan pembelajaran sejarah sesuai filsafat pendidikan Pancasila.
  • Mampu menginternalisasi nilai pendidikan karakter dalam pengkajian filsafat pendidikan dalam pembelajaran sejarah.
Daftar Pustaka:
  • Gie, T L. (2004). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
  • Kattsoff, LO. (2004). Pengantar Filsafat. Yagyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta
  • Khan, SA. (2005). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali.Bandung: CV. Pustaka Setia.
  • Knight, GR. (2007). Filsafat Pendidikan . Yogyakarta: CDIE bekerjasama dengan Gama Media.
  • Sadulloh, U. (2007). Filsafat Pendidikan . Bandung: Cipta Utama.
  • Paulus, W, 1993.Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Kanisius
  • Ankersmit,. 1983. Refleksi tentang Sejarah: Pendapat modern tentang Filsafat Sejarah. Jakarta: Gramedia
  • Sayono, J. (2015). PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH: DARI PRAGMATIS KE IDEALIS. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/sb.v7i1.4733
Guests cannot access this course. Please log in.