Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:

 Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan tentang desain kemasan, rancangan kemasan sesuai dengan proses dan prosedur desain, membuat desain kemasan berdasarkan pada kaidah-kaidah desain yang menitikberatkan pada aspek fungsional, etika dan hukum pasar, ergonomik desain, pertimbangan ekonomi, kelayakan, dan menganalisis bahan dan prospek pasar


Capaian Pembelajaran
  • Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang Desain Kemasan Produk.

  •   Menggali ide Desain Kemasan berbasis budaya Nusantara yang memiliki fungsi sebagai tempat produk, informasi, komunikasi, dan promosi produk

  • Merancang Desain Kemasan primer, sekunder, dan tersier serta produk varian berdasarkan unsur dan prinsip desain berdasarkan etika perancangan serta etika bisnis.

  •   Rancangannya memiliki nilai tambah secara ekomomi produk dan lingkungan.

  •   Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya Desain Kemasan Produk yang dirancangnya

Daftar Pustaka:
  • Beakley, George C.1974, Indtroduction Engeneering Design and Graphic, America: Printed ini the United States of America.

    Belch, George E & Michael A. Belch. 2011, Advertising and Promotion: An Integrated Markerting Communication Perpective, New York: Grawhill.

     

    Danger, E. P. 2002, Memilih Warna Kemasan, Jakarta: Pustaka Binama Presindo.

    Foley, John. 2006, Balanced Brand, San Francisco: Jossey Bass a Wiley Imprint.

    Frascara, Jorge. 2004, Communication Design: Principles, Methods, and Practice, New York: Allworth Press.

    Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No. 368/Men.Kes/SK/IV/1994, tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, dan Makanan-Minuman.

    Klimchuk, Marianne Rosner & Sandra A. Krasovec. 2007, Desain Kemasan: Prencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan, Jakarta: Erlangga.

    Kotler, Philip & Gary Amstrong. 1997, Principle of Marketing (Seventh Edition), New Yersey: Prentice Hall Inc.

    Mangkunegara, A.A & Anwar Prabu. 2002, Perilaku Konsumen, Bandung: Refika Aditama.

    Moser, Mike. 2008, United We Brand: Menciptakan Merek Kohesif yang Dilihat, Didengar, dan Diingat, Jakarta: Esensi.

    Murphy, John and Michael Rowe. 1988, How to design trademarks and logos, Ohio: North Ligth book.

    Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, No. HK.00.05.55.6497 Tahun 2011, tentang Bahan Kemasan Pangan.

    Pirous, AD. 1989, Desain Grafis pada Kemasan dalam Buku Simposium Desain Grafis, Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

    Pujiyanto. 2016, Desain Kemasan Produk Persuasif, Malang: UM Press

    Simamora, Bilson. 2002, Aura Merek, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Suyanto, M. 2007, Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Yogyakarta: Andi Offset.

    Swann, Alan. 1987, Basic design and layout, Oxford: Phaidon.

    Tjiptono, Fandy. 2005, Brand: Management & Strategy, Yogyakarta: Andi.


Guests cannot access this course. Please log in.