Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A6B-A6B
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: Hakikatbahasa, Perbedaan antara komunikasi dan bahasa, Sistemdan karakteristik bahasa, Bentukdan fungsi bahasa, Teoriperkembanganbahasa, Tahapaan perkembangan bahasa pada AUD, Keaskaraan dalam perkembangan bahasa AUD, Problematika perkembangan bahasa AUD, Identifikasi perkembangankemampuanberbahasaAUD, Stimulasi pengembangan bahasa AUD danAsesmen pengembangan bahasa AUD
Capaian Pembelajaran
  • Memahami deskripsi, RPS, dan SAP perkuliahan
  • Menganalisis konsep dan teori tentang hakikat bahasa, perbedaan antara komunikasi dan bahasa, tujuan, bentuk, unsur dan fungsi bahasa
  • Menganalisis konsep dan teori tentang perkembangan kemampuan berbahasa
  • Menganalisis konsep dan teori tentang aspek-aspek kemampuan berbahasa
  • Menganalisis konsep dan teori tentang proses perolehan kemampuan berbahasa
  • Menganalisis konsep dan teori tentang pengembangan bahasa mengacu pada DAP
  • Menganalisis konsep dan teori tentang metode pengembangan kemampuan berbahasa secara terpadu
  • Terampil dalam memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam mengkreasikan suatu prosedur yang lebih efektif, efisien dan menarik di bidang PAUD khususnya dalam menstimulasi pengembangan berbahasa anak usia dini.
  • Terampil dalam menerapkan intervensi bagi perkembangan bahasa anak usia dini sesuai potensi, minat maupun remidiasi perkembangannya melalui stimulasi.
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • 1. Dukes, Chris; Smith, Maggie. Cara MengembangkanK eterampilan Berkomunikasi dan Berbahasa pada Anak Prasekolah. Jakarta: Indeks. 2010
  • 10. Imarah, Muhammad. 2000. Islam dan Pluralitas,Penterjemah Abdal Hayyie al Kattanie. Jakarta: GemaInsani.
  • 11. Sujiono, Yuliani Nurani; Bambang. Menu pembelajaranAnakUsia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan. 2005.
  • 2. Hoff, Erika.Language Development. USA: Wadsworth. 2005
  • 3. Jalongo, Mary Renk. ,Early Childhood Language Art. USA: Pearson. 2007
  • 4. Papalia, Diane E; et.al. Human Development Bagian I s/d IV. Jakarta : Kencana Prenada Media Gorup. 2008
  • 5. Mary Renck Jalongo.2007. Early language Art. Boston: Pearson Education,inc
  • 6. Bewer, Jo Ann. Introduction Early Chilhood Eucation Preschool through Primary Grades. United State America : Pearson. 2007
  • 7. Dhieni, Nurbianadkk.MetodePengembanganBahasa.Jakarta: Universitas Terbuka. 2007
  • 8. Santrock, John W. Life Span Development Jilid I. Jakarta: Erlangga. 2002.
  • 9. Djazuli, Acep, 2000, FiqhSiasah. Bandung; GunungJati Press.
Guests cannot access this course. Please log in.