Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mengkaji paradigma konsep dan implementasi pendidikan seni rupa, serta menganalisis secara kritis problem-problem teoritis pendidikan seni rupa maupun problem-problem praktis dan aktual pendidikan dan pembelajaran seni rupa baik pada kawasan global maupun lokal. Paradigma konsep, implementasi, dan berbagai problema pendidikan seni rupa yang dikaji maupun dikritisi tersebut meliputi konsep kebijakan, kecenderungan arah pengembangan, dan implementasinya; sehingga dihasilkan sebuah pemikiran berupa perspektif dan keyakinan mengenai idealnya pendidikan seni diselenggarakan di lembaga pendidikan formal, non-formal maupun informal.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis paradigma konsep dan implementasi pendidikan seni rupa meliputi konsep kebijakan, kecenderungan arah pengembangan, dan implementasinya;
  • Menganalisis secara kritis problem-problem teoritis pendidikan seni rupa maupun problem-problem praktis dan aktual pendidikan dan pembelajaran seni rupa baik pada kawasan global maupun lokal.
  • 3. Menghasilkan makalah hasil pemikiran tentang pendidikan seni rupa yang ideal.
Daftar Pustaka:
  • Addison, N and Burgess Lesley. 2003. Issues in Art and Design Teaching. London: New Fetter Lane and USA and Canada: outledgeFalmer 29 West 35th Street.
  • Iriaji. 2015. Konsep dan Steategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Cakrawala Indonesia.
  • Dewey, John. 1934. Art as Experience. New York: Minton, Balsh & Co.
  • Eisner, Eliot W. 1972. Educating Artistic Vision. New York: The Macmillan Company.
  • Eisner, Eliot W. and Day, Michael D. 2004. Handbook of Research and Policy in Art Education. London: National Art Education Association (NAEA).
  • Eisner, Elliot W. 1979. The Educational Imagination. London: Macmillan Publishing Co., Inc.
  • Herawati dan Iriaji. 1998/1999. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Dirjen Dikti Depdikbud.
  • Hurwitz Al and Madedja, Stanley S. 1977. The Joyous Vision: A Source Book for Elementary Art Appreciation. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
  • Hutchens, James. 1985. Intructional Styles in Art Education. Studies in Art Education. A journal of Issues and Research. 25 (4). 20 - 23.
  • Irawan, Deddy, ed. 2017. Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta: Thafa Media Offset
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.