Enrolment options
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Mata kuliah ini tergolong
mata kuliah intregratif, karena karakter materinyanya merupakan menggabungkan kemampuan penguasaan materi
kuliah sebelumnya untuk diterapkan dalam satu bidang keahlian tertentu,
matakuliah dimaksud adalah yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya
Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini diharapkan
memberi kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami studi kelayakan bisnis dan
penerapannya dalam kehidupan praktis. Perkuliahan ini secara umum membahas berbagai
tahapan dan aspek dalam studi kelayakan bisnis, serta menganalisis kelayakan
suatu rencana bisnis dilihat dari berbagai aspek antara lain: aspek pasar dan
pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek manajemen, aspek manajemen sumber
daya manusia, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial dan politik, aspek hukum
dan lingkungan hidup, dan mengevaluasi layak atau tidaknya suatu rencana bisnis
berdasarkan kreteria tertentu yang ditetapkan
Capaian Pembelajaran
Mengidentifikasi peluang bisnis di lingkungan
Dapat membedakan berbagai jenis bisnis, yang memerlukan studi kelayakan
Dapat menyusun kelayakan rencana kelayakan bisnis dari aspek manajemen pemasaran, aspek teknis, manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasi,AMDAL dan aspek keuangan
Winarno Agung (2009) Diktat bahan ajar Studi Kelayakan Bisnis
Wijayanti, T. 2017. Marketing Plan DalamBisnis. Elex Media Komputindo. Jakarta
Suharto, Imam (2), Manajemen Proyek dari konseptual sampaioperasional, Jakarta, Erlangg
Jumingan. 2014. StudiKelayakanBisnis :TeoridanPembuatan Proposal Kelayakan. BumiAksara. Jakarta
Halim, A. 2009.Analisis KelayakanInvestasiBisnis :KajiandariAspekKeuangan. GrahaIlmu. Yogyakarta
Muchtar. 2014. Menyusun Business Plan danRencanaAksi. YramaWidya. Bandung
Murpi, S. 2012. Business Plan Praktis&Dasyatuntuk UMKM. LaskarAksara. Bekasi
Royan, F. M, danKurniawan, R. 2011. KiatSuksesMerancangdanMengaplikasikan : Marketing Plan. Elex Media Komputindo. Jakarta
Scott, C. D. dkk. 2010. Visi, NilaidanMisiOrganisasi: MembangunOrganisasi Masa Depan. Indeks. Jakarta
Sumarwan, U. dkk. 2011. PemasaranStrategik :Perspektif Value-Based Marketing &PengukuruanKinerja. IPB Press. Bogor: 75 – 162; 187 - 218
- Teacher: Agung WInarno