Pilihan pendaftaran
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A9-BK
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Mampu menyelenggarakan layanan responsive dengan menggunakan konseling psikodinamik secara kelompok dan individual dengan mengunakan teknik yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan
Mampu menyelenggarakan konseling individu dan kelompok dengan menggunakan pendekatan dan teknik konseling psikodinamik berdasarkan masalah yang dihadapi oleh sasaran layanan yang disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi lingkungan sosial budaya
Mahasiswa mampu mempraktikkan konseling psikodinamik (ajaran Sigmud Freud serta Freudian, terutama Erik Erikson dan Alfred Adler) dan mengevaluasinya secara benar dan tepat. Semua praktik teknik konseling psikodinamik tersebut selalu tersupervisi, disertai refleksi dan penyusunan hipotesis tindakan untuk praktik selanjutnya
.McKenzie-Smith, S. 2011. Psychoanalytic Psychotherapy with Depressed Older Adults (A Qualitative Research Study). UK: University of East London
Ursano, R.J., Sonnenberg, S.M., dan Susan G.L. 2004. Concise Guide to Psychodynamic Psychotherapy: Principles and Techniques of Brief, Intermittent, and Long-Term Psychodynamic Psychotherapy, 3th Ed. London, Englang: American Psychiatric Publishing, Inc
Ivey, A.E., Ivey, M.B., dan Carlos P.Z. 2010. Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society, 7th, Ed. USA: Brooks/Cole.
Corey, G. 2012. Theory & Practice of Group Counseling, 8th, Ed. USA: Brooks/Cole.
Corey, G. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, 9th,Ed. USA: Brooks/Cole.
Charman, D.P. 2004. Core Processes in Bried Psychodynamic: Advancing Effective Practice. Marwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
Hays, D.G. 2013. Assessmen in Counseling: A Guide to The Use of Psychological Assessment Procedures. Alexandria 5th,Ed. VA: American Counseling Association
- Pengajar: Devy Probowati