Pilihan pendaftaran
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Mahasiswa mampu mengumpulkan,
mengolah, menganalisa, dan menyimpulkan data-data produk desain komunikasi
visual berbasis naskah berupa teks sesuai kode etik penelitian serta
mengembangkan hasil penelitian berbasis naskah teks secara kreatif dan
inovatif.
Capaian Pembelajaran
Memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang karakteristik pesan yang terdapat di media, teori-teori dan model-model yang berkaitan dengan pesan pada media, fungsi pesan komunikasi dan lain sebagainya yang relevan dengan kebutuhan media.
Mahasiswa mampu melakukan pengayaan terhadap materi yang sudah diperoleh.
Mahasiswa mampu mengeksplor fenomena pesan komunikasi dalam media dengan pemahaman materi yang sudah didapatkan di perkuliahan ke dalam bentuk praktikum.
Kelompok bidang umum: Mahasiswa dapat membuat literatur review tentang pesan komunikasi pada media desain komunikasi visual yang dipelajari.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. Jogjakarta: LKiS
Gunter, Barrie. (2000). Media Research Methods. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Iorio, Sharon Hartin. (2004). Qualitative Research in Journalism. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
Jensen, Klaus Bruhn. (2002). Handbook of Media and Communication Research. London and New York: Routledge.
Jensen, Klaus Bruhn and Jankowski, Nicholas W (Eds.). (1991). A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research. London and New York: Routledge.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Perry, David K. (2002). Theory and Research in Mass Communication. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
Rayner, Philip, Wall, Peter and Kruger, Stephen. (2004).Media Studies: The Essential Resaoursce. London and New York.
Sevilla, Consuelo G. (2006). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press
William, Kevin. (2003). Understanding Media Theory. London: Arnold.
Wimmer, Roger D. dan Dominick, Joseph R. (2011). Mass Media Research. Boston, MA: Wadsworth.
Holmes, David. (2005). Teori Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus G-spot Konsumen Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustaan Populer Gramedia).
Rich, Jason R. (2003), Brain Storm: Tap Into Creativity to Generate Awesome Ideas and Remarkable Result, New Jersey U.S.A: Career Press.
Susanto, Astrid S. (2002). Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung: Bina Cipta.
Tinarbuko, Sumbo. (2009), Semiotika Komunikasi Visual: Edisi Revisi, Yogyakarta: Jalasutra.
Wells, Wiliam et all. (2012). Advertising & IMC Principles and Practice. Prentice-Hall, INc : New Jersey
- Pengajar: Dhara Alim Cendekia