Pilihan pendaftaran
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
C2-P
Deskripsi:
Mata kuliah Penelitian dan Seminar Pemasaran memberikan wawasan, pemahaman dan pengalaman
kepada mahasiswa dalam penelitian di
bidang Pemasaran, melalui pembahasan materi yang meliputi: Pengertian
konsep karya ilmiah dalam penelitian dan publikasi dalam bidang pemasaran, kode etik penulisan karya ilmiah.
Perumusan kajian pustaka yang relevan dengan penelitian yang mencakup:
kesimpulan dari kajian hasil penelitian sebelumnya yang relevan dan yag
dipublikasikan, kesimpulan dari definisi variabel-variabel penelitian dan
indicator-indikator pengukurannya. Kerangka pemikiran keterkaitan antar
variable yang diteliti berdasarkan teori dan hasil penelitian sebelumnya.
Perumusan latar belakang penelitian, tujuan penelitian (rumusan masalah
penelitian), hipotesis penelitian dan manfaat hasil penelitian. Menggunakan
metode penelitian sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan yang mencakup:
rancangan penelitian, populasi dan sampel penelitian, intrumen penelitian,
pengumpulan data, teknik amalisis data penelitian. Penyusunan proposal
penelitian berdasarkan pedoman yang tertuang dalam PPKI UM, serta
mempresentasikan dan mempertanggung-jawabkan proposal penelitian dalam seminar
kelas.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memahami konsep penelitian ilmiah dalam mencari solusi permasalahan bidang pemasaran
Mahasiswa dapat memgidentifikasi kondisi dan permasalahan riil dalam kegiatan pemasaran dan bisnis
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan riil bidang keilmuan dan praktik pemasaran dan bisnis
Mahasiswa dapat membuat proposal penelitian dan melakukan penelitian terhadap permasalahan yang dihadapi dalam bidang pemasaran dan bisnis sebagai bahan menyusun tugas akhir (skripsi)
- Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
- Malhotra, Naresh K. 2004. Marketing Research: An Applied Orientation. Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc Williams, Jr., C.A., Young, P.C., Smith, M.L. 1998.
- Cresweel, John W. 2010. Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Third Edition. Choosing Among Five Traditions, Sage Publication. California
- Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
- Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Malang: Penerbit UM
- Jurnal Penelitian yang Relevan
- Panduan Mengoperasikan SPSS
- Augusty, Ferdinand.2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: BP Undip.
- Cooper, Donald R. and Pamela S. Schindler. 2002. Business Research and Methods. Eight Edition. Publised by McGraw-Hill/Irwin.
- Hair, Joseph F, et al. 1998. Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. Published by Prentice-Hall
- Pengajar: Handri Dian Wahyudi