Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
LLL-LLL2
Deskripsi:

Matakuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa calon guru untuk dapat melakukan pengajaran secara baik. Kemampuan holistik dalam pengajaran akan disajikan secara parsial sehingga diharapkan setiap mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan bagian-bagian dalam pengajaran. Oleh karena itu materi dalam matakuliah ini berisi keterampilan dasar dalam pengajaran antara lain: keterampilan membuka dan menutup, keterampilan menjelaskan, keterampilan penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan diskusi, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan membimbing kelompok kecil. Selain itu juga berisi pengetahuan dasar yang terkait dengan proses pengajaran


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan beorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar

  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi pendidikan administrasi perkantoran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar

  • Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran administrasi perkantoran serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK dan potensi lingkungan lokal

Daftar Pustaka:
  • Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences


  • Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style

  • Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)


  • Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.

  • Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers

  •  Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press

  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar

  • Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company

  • Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta

  • Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA

  • Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC


  • Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.