Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
P-P
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang uraian (1) konsep literasi digital; (2) sejarah literasi digital; (3) kebijakan terkait penyelenggaraan informasi digital; (4) kompetensi literasi digital; (5) literasi digital pada masyarakat informasi; (6) literasi digital pada berbagai media informasi; dan (7) Isu-isu terkini pada literasi digital.
Capaian Pembelajaran
  • 4.1 Menguasai konsep dan prinsip literasi digital yang diperlukan terkait dengan sumber informasi digital
  • 4.2 Mengembangkan kompetensi literasi digital dalam menganalisis informasi yang bersumber pada berbagai media digital
Daftar Pustaka:
  • 1. Rivoltella, PC.2008. Digital Literacy:Tools and methodologies for Information Society. New York: IGI Publishig.
  • 10. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Diakses dari https://repository.arizona.edu/bitstream/handle/10150/105803/bawden.pdf?sequence=1
  • 2. Wempen, Faithe. 2015.Digital Literacy for Dummies. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • 3. Welsh, TR & Melissa, SW.2010 Information Literacy in the Digital Age.New Delhi: Chandos Publishing
  • 4. Huvila, Isto. 2012.Information Service and Digital Literacy. New Delhi: Chandos Publishing
  • 5. Bawden, David. 2001. Information and digital literacies; a review of concepts 2001, 57(2):218-259 Journal of Documentation.
  • 6. Sulistyo-Basuki. 2011. Literasi Informasi dan Literasi digital. Diakses dari https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/
  • 7. Mohan V & Barnes C. 2018.Countering Hate Speech in Elections: Strategies for Electoral Management Bodies. International Foundation for Electoral Systems diakses dari http://www.ifes.org/sites/default/files/2017_ifes_countering_hate_speech_white_paper_final.pdf
  • 8. Olga Jubany and Malin Roiha. Backgrounds, Experiences and Responses to Online Hate Speech: A Comparative Cross-Country Analysis. Diakses dari http://www.unicri.it/special_topics/hate_crimes/Backgrounds_Experiences_and_Responses_to_Online_Hate_Speech_A_Comparative_Cross-Country_Analysis.pdf
  • 9. Oxford University. 2006. Assessing the impact of open access. Oxford journals. Diakses dari http://www.oxfordjournals.org/news/oa_report.pdf
Guests cannot access this course. Please log in.